» » » » Forum Konferensi Tingkat Tinggi ke-25 Asean: Jokowi Galang Kerja Sama Maritim

Jakarta, eMaritim.CoM,-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanfaatkan Forum Konferensi Tingkat Tinggi ke-25 Asean untuk menggalang kerja sama maritim demi mencapai kemakmuran dan perdamaian di kawasan. Ia berharap laut tidak lagi menjadi sumber konflik di antara negara-negara Asean.

"Kita harus memastikan bahwa laut menyatukan, bukan memisahkan kita. Kerja sama membangun konektivitas dan infratsruktur maritim harus menjadi fokus kita ke depan," kata Presiden Jokowi dalam Sidang Pleno KKT ke-25 Asean di Naypyidaw, Myanmar, baru-baru ini (12/11/2014).

Menurut Jokowi, masyarakat politik dan keamanan Asean hanya bisa diwujudkan apabila negara-negara Asean menghormati kedaulatan mereka masing-masing, menyelesaikan masalah dengan cara-cara damai, serta bersatu dalam menjaga otonomi strategis kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia berkeyakinan kemakmuran dan perdamaian di kawasan akan ditentkan oleh bagaimana kita bekerja sama dalam mengelola samudera. Indonesia berharap agar sumber-sumber konflik di laut seperti pencurian ikan, pelanggaran wilayah, penyelundupan, dan sengketa wilayah dapat diatasi melalui kerja sama yang sungguh-sungguh," pesan Presiden Jokowi. (lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini