» » » Pemerintah Berniat Menambah Program Studi atau Materi Ajar Terkait Kemaritiman

Jakarta, eMaritim.CoM, Dalam lima tahun ke depan, pemerintah berniat menambah program studi atau materi ajar yang terkait dengan kemaritiman, antara lain bidang kelautan, perikanan, dan perkapalan. Bidang studi terkait kemaritiman ini akan lebih banyak diberikan di pendidikan vokasi yang menekankan kemampuan teknis atau keterampilan.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan seusai Konferensi Internasional Penyelarasan Pendidikan dan Dunia Kerja yang diselengarakan Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

"Rencana ini terkait dengan reorientasi pemerintah pada pembangunan maritim. Masalahnya, ketika bangsa sudah memutuskan untuk reorientasi, masyarakat kita belum memiliki orientansi yang sama," katanya.

Hal ini, lanjut Anies, bisa dilihat dari materi-materi ajar yang banyak menggunakan contoh-contoh nonmaritim. Ia menilai pola pikir masyarakat harus diubah terlebih dahulu agar ada kesamaan semangat untuk membangun kemaritiman. Sumber daya manusia (SDM) di bidang kemaritiman diyakini akan "laris manis" karena permintaan akan tinggi.

"Kalau nanti pembangunan pelabuhan dan kapal sudah jadi, permintaan pasti tinggi," ujarnya.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini