» » » Cara Untuk Memberantas Mafia Migas Adalah Membangun Institusi Ekonomi Yang Kuat

Jakarta, e.Maritim.Com,-Selama ini mafia gas bisa beroperasi karena banyak proses yang tidak transparan seperti dalam jual beli dan pengadaan komoditas migas, kata Kepala Tim Reformasi Tata kelola Migas, Faisal Basri, di Jakarta, kemarin.

Dia menilai cara untuk memberantas mafia migas adalah membangun institusi ekonomi yang kuat."Jika institusi ekonomi di bidang migas inklusif, kelompok-kelompok yang ingin mengambil alih keuntungan bisa diminimalkan, "ujarnya.

Sebelumnya Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan tim ini juga akan bertugas menata ulang kelembagaan di sektor migas antara lain Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK.Migas), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pertamina Energy Trading Ltd (Petral).

Tim itu, lanjutnya, juga untuk mempercepat revisi UU Migas dan memastikan seluruh substansinya sesuai dengan konstitusi dan memiliki keberpihakan yang kuat terhadap kepentingan masyarakat. Tim ini juga diharapkan mendorong lahirnya iklim industri migas di Indonesia yang bebas dari para pemburu rente di setiap aktivitas.

"Dalam enam bulan ke depan, tim ini harus menyerahkan rekomendasi ke saya," katanya.

Khusus soal petral, katanya, akan ditentukan dari hasil kajian tim tersebut. Bila temuan menunjukkan petral menjadi wadah yang menyuburkan praktik mafia migas, imbuhnya, lembaga itu bisa saja dirombak total atau dilikuidasi. Langkah yang sama bakal dilakukan kepada SKK.Migas.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini