» » » Menhub Ignasius Jonan : Harus Dibangun Transportasi Laut yang Luar Biasa !

Jakarta, e.Maritim.Com,- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pemahaman poros maritim dunia itu adalah kita ini negara kepulauan terbesar di dunia. Jadi, harus dibangun transportasi laut yang luar biasa.Pulau ini harus terkoneksi, pesawat udara untuk manusia, sedangkan kapal laut untuk angkutan barang.

"Kalau interkoneksi antarpulau bagus, kapal-kapal besar dari seluruh dunia bukan hanya masuk Jakarta, melainkan juga bisa langsung masuk Belawan, Bitung, Makassar, Ambon, dan wilayah Indonesia lainnya.Sekarang ini kan maunya semua dimasukkan ke Jakarta, lalu dipecah-pecah lagi. Ini untuk apa. kan jadi mahal dan tak efisien?" katanya dalam wawancara khusus Kompas ( 1/12/2014) saat berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu.

Menurut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan,  kondisi seperti itulah yang mendorong Presiden Jokowi ingin membangun 24 titik pelabuhan sekelas Pelabuhan Tanjung priok dan Tanjung Perak. Seiring dengan itu, penjagaan juga akan diperketat. Jadi kalau banyak barang akan dikirim ke Sulawesi, ya langsung ke Bitung atau Makassar. Jadi, tidak usah mampir ke Tanjung Priok lagi.

"Kalau mau dibangun tahun depan, saya optimistis dalam lima tahun akan selesai. Namun, karena banyak daerah komersial, kita harapkan yang membangun swasta saja. Negara akan berinvestasi di daerah-daerah kecil yang tidak realistis bagi swasta masuk," ujarnya.

Tol laut merupakan impian Presiden Jokowi. Dia pernah mengatakan, pembangunan tol tersebut memerlukan anggaran yang jumlahnya kira-kira Rp60 triliun hingga Rp 70 triliun. Dana sebesar itu rencananya tidak akan diambil dari APBN. Jokowi akan mencarikan sumber lain. Misalnya pendanaan dari BUMN, investor lokal atau investor asing.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini