Menko Kemaritiman : Pemerintah Segera Membangun 80 Pelabuhan dan 86 Trayek Pelayaran Baru -->

Iklan Semua Halaman

Menko Kemaritiman : Pemerintah Segera Membangun 80 Pelabuhan dan 86 Trayek Pelayaran Baru

Pulo Lasman Simanjuntak
04 Desember 2014
Jakarta,e.Maritim.Com,-Pemerintah segera membangun 80 pelabuhan (bandar) dan membuka 86 trayek pelayaran baru untuk melayani daerah terpencil mulai Maret 2015.Selain itu, pemerintah bakal membuka tujuh bandar udara (bandara) dan 66 rute penerbangan baru tahun depan.

"Presiden meminta supaya perbatasan dan pulau terluar yang berpenghuni kondisinya  minimal sama dengan (wilayah negeri) tetangga. Terkait konektivitas akan mulai dibangun kapal perintis ukuran 750 dead wight tonnes (dwt) dan 1.200 dwt untuk Bitung dan Maluku Utara," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, di Jakarta, kemarin.

Selain itu, imbuhnya, tujuh bandara dan 80 pelabuhan baru bakal beroperasi pada Maret 2015. Untuk industri galangan kapal, pemerintah segera menuntaskan peraturan Pemerintah (PP) untk pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) dan merevisi pajak penghasilan (PPh).

"Kami membentuk enam tim untuk mengurus galangan kapal hingga lembaga pembiayaan nonbank," jelas Indroyono. (lasman simanjuntak)