» » » Menko Kemaritiman : Untuk Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim, Kunjungan Wisman Terus Ditingkatkan

Jakarta, e.Maritim.Com,,-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan Presiden Jokowi Widodo ingin Indonesia menjadi poros maritim. Maka, Menko Kemaritiman dan jajaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing (Wisman) dari 9 juta kunjungan pada tahun ini, menjadi 10 juta kunjungan  di tahun depan. Dan, 20 juta kunjungan pada akhir pemerintahan, tahun 2019.

"Tahun ini penerimaan pariwisata sebesar Rp 120 triliun, targetnya pada 2019 menjadi Rp 240 triliun," kata Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo dalam Rapat Koordinasi Asosiasi Sail Wisata Indonesia (Aswindo) tahun 2014, di Jakarta, Selasa (9/12/2014). 

Dia mengatakan, Presiden Jokowi sangat percaya pengembangan pariwisata memberikan manfaat langsung ke masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, dia menyoroti wisata bahari, pada saat ini masih menduduki peringkat ketiga wisata pilihan, setelah wisata belanja dan kuliner serta wisata heritage dan religi.

"Pak Presiden hanya bilang 'Pak Menko terserah anda, pokoknya tahun depan ada 10 juta kunjungan dan 2019 ada 20 juta kunjungan. Caranya, itu tugas Menko dan jajarannya," ucapnya.

Untuk merealisasikan target tersebut, Indroyono mengatakan Kementeriannya telah mengeluarkan dua kebijakan. Pertama, memberikan bebas visa kepada wisman asal Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Rusia dan Australia. Kedua, memberikan kemudahan perizinan kapal wisata masuk ke Indonesia.

"Hanya dengan dua kebijakan, membebaskan visa, mempermudah masuknya kapal wisata, kita bisa tingkatkan devisa. Sekarang pintar-pintarlah yang punya daerah," katanya. 

Sementata itu, Bupati Wakatobi, Hugua menjelaskan ada 40 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Asosiasi Sail Wisata Indonesi (Aswindo) dan 4 perusahaan marine. "Menurut kami ini kekuatan kuat jika dimanfaatkan baik," kata ketua Aswindo itu.

Hari ini Aswindo menggelar rapat kerja untuk mendorong wisata bahari, utamanya wisata layar. Sejumlah pejabat terkait dari dinas pariwisata Kabupaten/Kota hadir dalam rapat tersebut. Di anataranya, Baubau, Belitung Timur, Buleleng, Jepara, Raja Ampat, Kota Waringin Barat, Bangka Belitung, Belitung Timur, Selayar, Toli-toli, Wakatobi dan Berau. (calon reporter/andy nugroho)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini