Cuaca Buruk : PT.ASDP Tutup Sementara Pelayaran ke Semua Lintasan di Kupang, NTT -->

Iklan Semua Halaman

Cuaca Buruk : PT.ASDP Tutup Sementara Pelayaran ke Semua Lintasan di Kupang, NTT

Pulo Lasman Simanjuntak
02 Januari 2015
Kupang,eMaritim.Com,-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup sementara pelayaran ke semua lintasan di daerah itu karena cuaca buruk.
"Pelayaran untuk sementara kami tutup karena cuaca yang buruk," kata Kepala PT ASDP Cabang Kupang, Arnol Yansen, kepada Tempo, Jumat, 2 Januari 2015.

Ia menjelaskan, penutupan terpaksa dilakukan karena tinggi gelombang di perairan NTT 3-6 meter. Penutupan akan dilakukan selama sepekan hingga 7 Januari 2014.

"Jika sewaktu-waktu cuaca membaik, kami akan operasikan sejumlah kapal ke daerah tertentu," katanya.

Dia mengatakan perubahan cuaca ini sangat berisiko bagi pelayaran, terutama di perairan NTT, sehingga pihaknya harus waspada. Walaupun tinggi gelombang di sejumlah perairan, seperti Rote, hanya 2-3 meter,"Kami tidak mau ambil risiko. Jadi kami tutup pelayaran," ujarnya.

Penutupan pelayaran ini tidak menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bolok, Kupang. Sebab, PT ASDP Cabang Kupang tidak mendadak mengumumkan penutupan pelayaran ini. Dua hari ini, NTT dilanda hujan lebat dan angin kencang yang memicu tingginya gelombang laut.(tempo.com/lasman simanjuntak)