» » » Direktur Pengolahan PT.Badak NGL : Banyak Keuntungan Pertamina Bangun Kilang Pengolahan Minyak di Bontang

Jakarta,eMaritim.Com,-Direktur Pengolahan PT Badak NGL, Rachmad Hardadi, menyatakan bahwa banyak keuntungan yang didapat PT Pertamina (Persero) jika membangun kilang pengolahan minyak di lahan PT Badak NGL di Bontang, Kalimantan Timur.

Yang pertama adalah aset yang dimiliki oleh PT Badak merupakan aset negara. Sebenarnya dulu perusahaan ini adalah aset Pertamina, sebelum menjadi perseroan. Namun, setelah Pertamina menjadi perseroan, maka semua aset yang tidak berhubungan dengan bisnis inti diserahkan kepada negara.

Di sana, lanjut Rachmad, sudah terdapat fasilitas umum untuk kilang minyak, seperti air, nitrogen, dan listrik. "Tinggal connect saja," jelasnya di Sentul, Jawa Barat, Sabtu 24 Januari 2015 seperti dikutip dari viva.co.id di Jakarta, Minggu malam (25/1/2015).

Keuntungan lain yang didapat yaitu tidak perlu lagi adanya anggaran pembebasan lahan, karena tanah tersebut sudah menjadi milik negara. Biaya pembangunannya pun diklaim lebih hemat dibandingkan membuka lahan baru untuk pembuatan kilang minyak.

"Biaya utilisasi itu 30 hingga 35 persen dari total biaya pembangunan kilang, soalnya nggak perlu lagi pembebasan tanah dan infrastruktur. Kalau biaya pembangunan satu kilang kapasitas 300-350 ribu (barrel) itu US$10 miliar, di sana biaya bangun kilangnya hanya 60-70 persennya saja,"ujarnya.(jhonnie castro)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini