» » » Kekayaan Laut Indonesia : Flor De La Mar, Jadi Rebutan Pemburu Harta dan Produser Film

Jakarta,eMaritim.Com,-Salah satu kekayaan laut Indonesia adalah kapal-kapal karam legendaris yang kini menjadi incaran para pemburu harta karun dunia. Salah satunya adalah kapal Flor de la Mar yang diduga karam di Selat Malaka.

Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad mengatakan kapal asal Portugis tersebut kini jadi rebutan para pemburu harta karun dan peneliti dunia.

Menurut Sudirman Saad, Kapal Flor De La Mar juga menjadi incaran produser film Titanic  untuk memproduksi film tentang kapal tersebut jika memang sudah berhasil diketahui lokasinya secara pasti. Selain itu National Geographic juga sudah mengajukan proposal untuk meliput kapal yang berusia lebih dari 50 tahun ini.

“jadi nilai ekonomi BMKT bukan lagi pada benda yang ada pada kapal itu, melainkan sejarah pada kapal itu.” Tambah Sudirman Saad di Jakarta, Rabu (7/1/2015)

Dilansir dari buku berjudul Menjadi Indonesia, Flor De La Mar (Bunga Laut) adalah salah satu dari empat kapal yang dipimpin oleh Gubernur Jendral Alfonso de Albuquerque dari Malaka Menuju Goa, namun kapal ini tenggelam pada tahun 1511. Banyak korban yang jatuh dan harta benda yang hilang tenggelam, namun Alfonso de Albuquerque berhasil selamat(sonny listyanto)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini