» » » Kemenhub Berjanji Kapal Perintis Segera Beroperasi

Tanjungpinang (Antara Kepri) -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menyanggupi permintaan Komisi III DPRD Kepri perihal pengoperasian Kapal Perintis sebagai alternatif angkutan laut ke Natuna dan Anambas. 

"Sudah kita sampaikan langsung dan mereka menyanggupi, cuma kita belum tahu keputusannya, apakah nanti didatangkan kapal baru atau ditunjuk salah satu kapal perintis yang ada di Kepri untuk beroperasi," kata Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, Sofyan Samsir, Rabu (21/1/2015) seperti dikutip dari Antara Kepri di Jakarta, Minggu malam (25/1/2015).


Opsi yang disampaikan Komisi III DPRD Kepri dalam pertemuan langsung dengan Direktur Lalulintas Angkutan Laut, Harry Budianto di Jakarta (20/1/2015), pertama meminta kepada Kemenhub RI agar bisa mendatangkan kapal lain untuk berlayar di Natuna dan Anambas

"Ke dua, kita meminta Kemenhub mengijinkan berlayarnya  1 dari 4 kapal perintis yang saat ini tidak beroperasi di jalur Kepri," tegasnya pada Antara.

Seandainya nanti kata Sofyan, Kemenhub menyetujui  opsi kedua maka akan ditunjuk pihak Pelni, karena diangap sebagai operator yang paling mapan.

Perihal penunjukan tersebut dibolehkan ucapnya, sesuai dengan Permen dan Kepres yang ada, sepanjang kebijakan itu tidak merugikan keuangan negara dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Jadi tidak ada lagi alasan, jangan gara-gara lelang kapal, menjadi penghalang dan penghambat koneksi penumpang dan barang antar pulau, seperti yang sekarang terjadi di Natuna dan Anambas," tegasnya. (pls)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini