KKP Kembangkan Pendidikan Maritim dengan Amerika -->

Iklan Semua Halaman

KKP Kembangkan Pendidikan Maritim dengan Amerika

Pulo Lasman Simanjuntak
20 Januari 2015
Jakarta,eMaritim.Com, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan negara Amerika Serikat dalam mengembangkan pendidikan kemaritiman. Negara adidaya ini dinilai memiliki tingkat pendidikan yang baik dalam bidang tersebut. 
 
"Amerika Serikat merupakan negara maju yang merupakan acuan dunia dan satuan pendidikan di KKP," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Jakarta, Selasa (20/1/2015) seperti dikutip dari www.okezone.com di Jakarta, Selasa malam (20/1/2015).

Menurut Susi, kerjasama dengan AS merupakan hal yang penting, terutama dalam mengembangkan bidang riset dan penelitian bidang kemaritiman di Indonesia. Selain itu, kerjasama tingkat internasional juga esensial karena Indonesia akan segera menghadapi pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN.

"Saya harap lembaga pendidikan di KKP dapat menjadi pelopor untuk menciptakan teknologi terapan yang inovatif sehingga dapat meningkatkan daya saing sektor kelautan dan perikanan juga mendorong produktivitas sektor tersebut," tutur Susi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 6 November 2014 juga telah menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk RI Robert Blake guna membicarakan peningkatan kerja sama pengawasan laut antara kedua negara. Dalam pertemuan itu, Susi menjelaskan tentang program moratorium serta perubahan pola industri penangkapan ikan sesuai kaidah lingkungan dan berkelanjutan.

Menurut Susi, pertemuannya dengan sejumlah duta besar berbagai negara merupakan hal penting untuk meningkatkan kerjasama serta menyesuaikan diri dengan kebijakan baru yang diterapkan KKP. Untuk itu, ujar dia, terdapat banyak "pekerjaan rumah" yang harus dikerjakan untuk meningkatkan hubungan kerjasama perikanan dengan berbagai negara luar negeri termasuk Amerika Serikat.

Sementara itu, Dubes AS Robert Blake pada saat itu mengemukakan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pihak Indonesia antara lain terkait mengatasi pencurian ikan. Selain itu, pemerintahan Amerika bakal memberikan bantuan fasilitas guna meningkatkan pengawasan terhadap kawasan perairan Indonesia.(sonny listyanto/lasman simanjuntak)