» » » Perairan Sulawesi Barat Diharapkan Dapat Dijadikan Proyek Tol Laut

Mamuju,eMaritim.Com ,Gubernur Sulawesi Barat berharap perairan Sulawesi Barat yang terletak di Selat Makassar dijadikan "tol laut" sesuai rencana pemerintah pusat yang akan membangun sektor kemaritiman.

"Pembangunan tol laut di selat Makassar yang melintasi perairan Sulbar sangat kami harapkan dan perairan Sulbar dapat dijadikan tol laut memacu berkembannya transportasi laut dan perdagangan laut," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu (3/1/2015), seperti disiarkan republika online.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar mendukung program tol laut di perairan selat Makassar karena akan mendorong tumbuhnya perdagangan laut dalam negeri dan perdagangan antarnegara.

"Perairan Selat Makassar yang meliputi perairan Provinsi Sulawesi Barat sangat layak dijadikan jalur tol laut untuk menumbuhkan perdagangan laut dalam negeri dan antarnegara, itu akan memacu perkembangan daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, selat Makassar yang meliputi 700 kilometer perairan Sulbar letaknya sangat starategis karena daerah tersebut terdapat di perairan yang merupakan wilayah sejumlah Provinsi lain.

Diantaranya, kata dia, adalah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Sulbar, serta sejumlah Provinsi di Kalimantan seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Menurut dia, apabila jalur tol laut dibuka di perairan Selat Makassar maka juga akan meningkatkan pengelolaan sumber daya laut di wilayah Provinsi Sulbar dan provinsi lainnya di Indonesia yang cukup menjanjikan, karena akan meningkatnya dukungan pemasaran hasil laut nelayan.

Sehingga, lanjutnya, juga akan mendukung peningkatan kesejahteraan nelayan ekonomi daerah dan pertumbuhan ekonomi nasional dari sektor perikanan.
Ia mengatakan, pengawasan tentu harus dimaksimalkan untuk lebih menjaga hasil pengelolaan sumbee daya laut agar semakin maksimal.

Oleh karena itu, ia berharap dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Sulbar 5 November 2014 ke Provinsi Sulbar akan dapat memberikan pertimbangan mengenai kebutuhan pembukaan tol laut di perairan Selat Makassar.

"Kami berharap terjadi perubahan di daerah ini sehingga sangat berharap tol laut dibuka di perairan Selat Makassar karena selama ini Selat Makassar merupakan alur laut pelayaran Indonesia (ALKI) II," katanya. (jhonnie castro)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini