» » » KKP Tenggelamkan 12 Kapal Pencuri Ikan Sejak Dipimpin Susi Pudjiastuti



Jakarta,eMaritim.Com,-Sejak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada 27 Oktober 2014 lalu, Susi Pudjiastuti telah melakukan banyak gebrakan. Salah satunya adalah menindak tegas pelaku pencurian ikan (illegal fishing) dengan cara menenggelamkan kapal.

 Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diterima eMaritim.Com sampai dengan Kamis pagi (12/02/2015), sejak menjabat sebagai Menteri KKP, Susi telah menenggelamkan 12 kapal asing penangkap ikan ilegal.

 Terakhir kapal Thailand KM Sudhita 28 yang ditenggelamkan pada tanggal 9 Februari 2015 di Selat Dempo, Batam, Kepulauan Riau. Tujuh kapal yang dikerahkan langsung untuk menenggelamkan KM Sudhita yang terdiri dari tiga kapal Kementerian Kelautan dan Perikana, tiga kapal milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) antara lain KRI Halasan 630 dari satuan kapal cepat rudal, KRI Barakuda 633 dari satuan kapal cepat rudal, dan KRI Tjiptadi 381 dari satuan kapal eksorta serta satu kapal polair polda kep. Riau

Sebelum KM SUDHITA 28, Susi dibantu beberapa pihak terkait seperti TNI AL dan Kepolisian RI telah menenggelamkan kapal ikan asing lainnya. Diantaranya pada 6 Desember 2014, KKP dibantu TNI AL menenggelamkan 3 kapal asing asal Vietnam di perairan Tarempa, Kepulauan Riau.

Kemudian berlanjut pada 21 Desember 2014, di mana kapal bernama KM Century empat dan KM Century tujuh yang berasal dari Thailand namun berbendera Papua Nugini diledakkan dan ditenggelamkan di Teluk Ambon. Kapal-kapal tersebut memiliki bobot 200 Gros Ton (GT) untuk KM Century empat, sedangkan KM Century Tujuh memiliki bobot 250 GT

Dari data lainnya disebutkan 3 kapal Filipina ditenggelamkan Polisi Perairan di Kepulauan Talaud pada 5 Desember 2014. Kemudian pada 28 Desember 2014 ada 2 kapal Thailand yang ditenggelamkan oleh TNI AL di Perairan Tarempa. Juga ada 1 kapal asal Malaysia yang ditenggelamkan Polisi Perairan di Belawan pada 8 Januari 2015. (sonny listyanto)



foto ilustrasi penenggelaman kapal asing pencuri ikan di Natuna

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini