» » » Menteri Marwan Jafar : Desa Pesisir Harus Diberdayakan untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia

Tangerang ,eMaritim.Com,- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan desa pesisir harus diberdayakan untuk mewujudkan poros maritim.

"Memberdayakan desa pesisir merupakan bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujar Marwan di sela-sela kunjungannya ke sejumlah desa nelayan di Kabupaten Tangerang, Banten, belum lama ini seperti dikutip dari antaranews.com, Rabu malam (4/2/2015).

Dia menjelaskan pemberdayaan itu tidak hanya tugas kementeriannya, tetapi juga kementerian lain yang terkait.

Hingga saat ini, banyak desa pesisir belum mendapat perhatian maksimal dan belum diberdayakan.

Penduduk desa pesisir yang sebagian besar nelayan, lanjut Marwan, juga menghadapi berbagai masalah yang tidak mungkin diatasi tanpa uluran tangan pemerintah.

Di Desa Surya Bahari, Pakuhaji, Tangerang misalnya, Menteri Marwan mendengar berbagai keluhan warga nelayan.

Keluhan yang diutarakan seperti pendangkalan kali menuju laut yang menyebabkan mereka kesulitan saat hendak ke luar menangkap ikan.

"Pengerukan kali itu misalnya, merupakan wewenang kementerian lain. Kita tentu akan berkoordinasi agar semua harus dikerjakan serius dan serba terukur. Kapan pengerukan dimulai, selesai dan seterusnya," ujarnya.

Marwan menegaskan pentingnya memberdayakan desa pesisir untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Presiden Jokowi sendiri pernah menyampaikan lima pilar utama yang diagendakan untuk diwujudkan.

Kelima pilar tersebut adalah membangun kembali budaya maritim Indonesia, menjaga dan mengelola sumber daya laut, memprioritaskan pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, melaksanakan diplomasi maritim, serta membangun kekuatan pertahanan maritim. (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini