» » » Empat Arahan Menko Bidang Kemaritiman Indroyono pada Raker Ditjen Perhubungan Laut

Jakarta,eMaritim.Com,-Rapat Kerja Ditjen Perhubungan Laut, dilaksanakan Senin (02/03/15) di Kementerian Perhubungan, yang dihadiri Menko Maritim Indroyono, dimana dalam arahan didepan ratusan pejabat dan pegawai Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, menyampaikan 4 arahan yang menjadi perhatian Kemenko Bidang Kemaritiman dalam waktu dekat ini.

Keempatnya yakni, inventarisasi peraturan terkait kapal perikanan, dengan target simplifikasi peraturan baik peraturan yang menyangkut Kementerian Perhubungan, maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan; rencana penyelenggaraan Expo Milan 2015, yang akan diselenggarakan mulai tanggl 1 Mei sampai 31 Oktober 2015 di Milan, Italia. 

Demikian press release yang disampaikan Humas Kementerian Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman  kepada redaksi eMaritim.Com di Jakarta, Selasa pagi (3/3/2015).

Dalam Expo ini akan diselenggarakan Indonesian Day pada tanggal 8 Juni 2015 yang bertepatan dengan World Ocean Day dengan target untuk memperkenalkan konsep Poros Maritim di tingkatan dunia; Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 yang akan melibatkan 86 kapal perintis dan 2 kapal Angkatan Laut guna mengunjungi 510 pelabuhan destinasi dimulai 14 Juni – 14 Juli 2015, target kegiatan ini salah satunya akan membawa bahan pokok dan kebutuhan masyarakat didaerah pula terpencil dan wilayah pesisir yang dapat dibeli dengan harga yang relative murah.

 Program ke-4 yang merupakan direktif Presiden Jokowi yakni target memangkas dwelling time dari 9-10 hari menjadi separuhnya, sekitar 4 sampai dengan 5 hari. Strategi pencapaian pemangkasan dwelling time ini dengan menguraikan “sumbatan” Pre-custom, custom, dan post-custom, pada bagian pre-custom ditargetkan menjadi 2,7 hari. 

Sedangkan pada bagian custom, diyakini dapat selesai dalam setengah hari dengan melibatkan Ditjen Bea Cukai, Kemenkeu. Pada tahapan Post-custom ditargetkan selesai 1,5 hari, jadi prosses sampai barang berangkat atau keluar dari pelabuhan,  dwelling time akan hanya menjadi 4,7 hari, plus minus 1 hari.

Pada Raker Ditjen Perhubungan Laut ini selain dihadiri Menko Kemaritiman, juga turut hadir dan memberikan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.(pulo lasman simanjuntak)

Foto-foto oleh : Efrimal Bahri Gani/Humas Menko Bidang Kemaritiman

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini