Ikatan Alumni ITB Dorong Belitung Jadi Percontohan Kawasan Maritim -->

Iklan Semua Halaman

Ikatan Alumni ITB Dorong Belitung Jadi Percontohan Kawasan Maritim

Pulo Lasman Simanjuntak
16 Maret 2015
Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo membuka dialog pembangunan Rakernas IA-ITB 2015 di Belitung, Sabtu (14/3/2015). (Foto : Istimewa/eMaritim.Com)

Jakarta,eMaritim.Com,- Ikatan Alumni ITB akan menyelenggarakan Dialog Pembangunan yang merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni ITB 2015, Sabtu, 14 Maret 2015, di Hoteal Aston Belitung.

Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Sawalludin Lubis menjelaskan, acara ini  dihadiri Pengurus Ikatan Alumni ITB seluruh Indonesia, sejumlah perwakilan pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis bidang maritim, profesional, dan para tokoh masyarakat Belitung.

Dialog Pembangunan bertema "Alam Sebagai Tontonan, Budaya Tuntunan : Mendorong Aksesibilitas Wilayah dan Aksepibilitas Masyarakat Daerah sebagai Mesin Pertumbuhan Indonesia" ini juga akan dihadiri sejumlah menteri.

Antara lain Menko Maritim Dwisuryo Indroyono Soesilo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

Juga akan hadir Gubernur Provinsi Bangka Belitung Rustam Effendi, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama, Anggota DPD RI Bangka Belitung Tellie Gozelie dan Budayawan Andreas Hirata.

"Dari dialog ini diharapkan dapat mendorong keseriusan pemerintah dalam mengerahkan modal dasar Negara untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM," kata Sawalludin Lubis, Kamis (12/3/2015).

Dijelaskan Sawalludin, acara digelar di Belitung, sekaligus untuk mendorong Belitung menjadi wilayah percontohan pembangunan kawasan maritim di Indonesia. Kehadiran pihak-pihak terkait, termasuk sejumlah menteri, agar visi kemaritiman segera terealisasi.

"Ikatan Alumni ITB berkeyakinan bahwa sinergi para pemangku kepentingan di bidang maritim merupakan kunci sukses menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya.

Diharapkan, dengan digelarnya acara di Belitung ini, bisa mendorong berkembangnya inisiatif masyarakat lokalnya dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi alamnya, yang dikenal berbasis kelautan. (jpnn/pulo lasman simanjuntak)