» » » Jepang Pasok Kapal-Kapal Patroli Perkuat Kemampuan Maritim Filipina dan Vietnam

Tokyo,eMaritim.com,"Negeri Matahari Terbit" Jepang mulai meningkatkan kerja sama bidang keamanannya dengan Filipina dan Vietnam.Kerja sama dilakukan dengan memasok kapal-kapal patroli untuk memperkuat kemampuan maritim kedua negara yang sampai sekarang bersengketa dengan Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan.

Sumber eMaritim.Com dari HU.Kompas (Kamis,12/3/2O15) menyebutkan sengketa itu bukan bagian dari wilayah yang dipersengketakan Jepang seperti terjadi di Laut Tiongkok Timur.

Jepang dan Tiongkok berseteru memperebutkan gugusan kepulauan Diaoyu versi Tiongkok atau Senkaku versi Jepang.

Namun, Jepang juga mencoba bersikap tidak terlalu mencolok sehingga tak perlu memicu masalah dengan Tiongkok.

"Namun tren bantuannya makin jelas dan saya pikir Jepang tak akan mundur walau Tiongkok lantas merasa cemas," ujar Ianb Strorey, Rabu (11/3/2O15) pakar keamanan kawasan Institut Studi Asia Tenggara di Singapura.

Dalam pernyataan tertulisnya Kementerian Luar Negeri Tiongkok meminta Jepang bisa "berbicara dan bertindak" dengan penuh hati-hati terkait isu laut Tiongkok Selatan.

Apalagi mengingat Jepang sama sekali bukan bagian dari negara pengklaim dalam sengketa wilayah di perairan kaya sumber daya alam dan sekaligus jalur transportasi laut terpenting dunia itu.

Selain bantuan fisik, Tokyo juga membantu meningkatkan kapabilitas militer kedua negara tadi.Salah satunya dengan menggelar latihan perang gabungan perdana dengan Angkatan Laut Fikipina awal bulan depan.(juntak/siman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini