Masa Transisi Blok Mahakam, Kaltim Harus Rekrut Tenaga Ahli di Bidang Migas -->

Iklan Semua Halaman

Masa Transisi Blok Mahakam, Kaltim Harus Rekrut Tenaga Ahli di Bidang Migas

Pulo Lasman Simanjuntak
10 Maret 2015
Samarinda,eMaritim.Com,- Komisi II DPRD Provinsi Kaltim mengingatkan Pemprov Kaltim segera mencari sumber daya manusia (SDM), tenaga-tenaga ahli di bidang minyak dan gas untuk pelatihan masa transisi Blok Mahakam.

Hal ini dikemukakan anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Rusman Ya'qub, ditemui di ruang fraksi PPP-Nasdem DPRD Kaltim, di Gedung D DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Provinsi Kaltim, Jumat (6/3/2015).

Menurut Rusman, Provinsi Kaltim melalui Perusahaan Daerah (Perusda) PT Migas Mandiri Pratama dan mitra bisnis PT Yudhistira Bumi Energi, mulai merekrut tenaga-tenaga ahli.


"Masa transisi dari kontraktor yang lama (Total Indonesie) ke PT Pertamina, selama lima tahun setelah kontrak habis (2017). Proses itu, menurut saya menyiapkan SDM. Jadi harusnya, sudah mulai melakukan perekrutan tenaga ahli," kata Rusman, penasihat Fraksi PPP-Nasdem DPRD Kaltim.

Hanya saja, lanjut Rusman, proses transisi itu juga harus mendapat perhatian khusus.

 "Apakah masa transisi itu, hanya dari Pertamina saja? Bagaimana dengan Perusda MMP? Artinya, perlu mempertanyakan political will dari pemerintah pusat. Kan sudah menyatakan untuk participating interest (PI) minimal 10 persen," tutur Rusman. (TribunKaltim.Com/Lasman Simanjuntak)
sumber foto :antara