» » » Melihat Kehidupan Mahluk di Bawah Laut, Mencengangkan Ada 20 Juta Jenis Miroba Laut

Jakarta,eMaritim.Com,-Selama bertahun-tahun  seorang ilmuwan di Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di California meneliti tentang mahluk yang hidup di bawah laut. Salah satu tugasnya adalah mengidentifikasi atau menggambarkan makhluk yang melayang melalui lampu kendaraan bawah laut [Remotely Underwater Vehicle (ROV)] yang dikendalikan dari jarak jauh dari kendaraan sementara kendaraan itu menjelajah ke dasar laut yang bermil-mil jauhnya di bawah.

ROV, robot yang ditambatkan dengan lampu dan kamera, peralatan untuk mengumpulkan sampel, dan banyak alat lain untuk mengukur kualitas air, suhu, dan cahaya, rutin mengeksplorasi kedalaman di mana itu terlalu berbahaya bagi manusia.

Tekanan yang bisa menghancurkan, kegelapan total , dan dingin pun mencegah kami untuk mengunjunginya.

Ahli biologi laut dalam biasanya berpikir  dasar laut itu hampir tanpa kehidupan. ROV telah mengggunakan banyak waktu untuk mengambil gambar dan membawa kembali sampel  untuk memberikan bukti.
Dasar laut penuh dengan kehidupan. Pada tahun 2003, para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 6.000 jenis mikroba laut – bakteri, archaea, protista bersel tunggal, dan virus.
 Akhit tahun 2003, sebuah konsorium lebih 2.000 ilmuwan dari 80 negara yang dipimpin ahli mikrobiologi laut dari MBARI memutuskan untuk menyusun inisiatif utama untuk mengetahui dan memahami organism bersel tunggal di laut.
The International Census of Marine Microbes (ICoMM) pun dibentuk. Diprediksi  mereka akan menemukan  sebanyak 600.000 jenis mikroba laut.
Tujuh tahun kemudian sampel telah dikumpulkan lebih dari 1.200 tempat di seluruh dunia. Banjir informasi baru telah mengisi bank data, dan analisis data berlangsung siang dan malam. Hasilnya mencengangkan.
Mereka harapkan akan mendapatkan dua kali lebih banyak mikroba ketimbang yang mereka perkirakan dan itu luar biasa, dan membuat 10 kali banyak menarik napas. Tetapi tidak, para peneliti menemukan hampir 100 kali lebih banyak jenis mikroba  daripada yang mereka harapkan.
Perkiraan konservatif sekarang menempatkan angka pada 20 juta jenis mikroba laut.
"Ketika saya membaca angka-angka ini, saya menggeleng  kepala karena takjub dan berpikir bahwa kita ternyata tidak  memiliki petunjuk yang berarti. Sungguh pemikiran Allah tidak terduga," kata David A Steen, Profesor Biologi dan Kepala Departemen Biologi di Andrew University, Amerika Serikat.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini