» » » Menteri ESDM Pastikan Blok Mahakam di Kaltim Dikelola Pertamina

Jakarta,eMaritim.Com,- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan keputusan Pemerintah bakal menyerahkan pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur kepada PT Pertamina (persero).

 Mekanisme masa transisi pun tengah dipersiapkan.

"Secara prinsip pada level Menko hingga ke Presiden, Pertamina mendapatkan hak pengelolaan Blok Mahakam sebagai operator," kata Sudirman usai pertemuan dengan Petitor Petisi Blok Mahakam, di Jakarta, Jumat (27/03/2015), seperti dikutip dari beritasatu.com, Sabtu malam (28/3/2015).

Sudirman menuturkan pihaknya meminta Pertamina untuk melakukan pembicaraan dengan operator Blok Mahakam saat ini yakni Total E&P Indonesie dan Inpex Corp, terkait masa transisi.

Pasalnya keberlangsungan produksi migas di Blok tersebut bisa berjalan mulus apabila ada masa transisi.

"Supaya kelangsungan produksinya berjalan lancar. Mulai dari sekarang proses transisi dilakukan supaya terjadi transfer informasi, knowledge, dan teknologi," ujar Sudirman.

Blok Mahakam saat ini dikelola oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corp. Masa kontrak itu berakhir pada 31 Maret 2017. Total mengantongi kontrak pengelolaan Blok Mahakam pada 1967 hingga 1997. Kemudian Total mendapat perpanjangan kontrak terhitung sejak 1997 hingga 2017. Dalam perpanjangan kontrak tersebut Total menggandeng Inpex dengan porsi kepemilikan masing-masing sebesar 50 persen.(siman/juntak/pulo)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini