Pertamina-Tokyo Gas Co,Ltd, Sepakat Kembangkan Rantai Bisnis LNG di Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

Pertamina-Tokyo Gas Co,Ltd, Sepakat Kembangkan Rantai Bisnis LNG di Indonesia

Pulo Lasman Simanjuntak
08 Maret 2015
Jakarta,eMaritim.Com,-PT Pertamina (Persero) sepakat dengan Tokyo Gas Co. Ltd untuk membentuk aliansi strategis dalam pengembangan mata rantai bisnis Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam di Indonesia. Hal itu disetujui dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).

Kolaborasi kedua perusahaan meliputi jual beli LNG, pertukaran kargo LNG untuk optimasi level stok LNG, optimasi utilisasi kapal LNG dan pengembangan terminal-terminal penerima dan regasifikasi LNG.

“Momentum ini menunjukkan era baru bagi hubungan Pertamina dan Tokyo Gas untuk melanjutkan dan memperkuat hubungan bisnis kedua perusahaan,” kata Pertagas dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini seperti dikutip kembali dari www.bijaks.com, Minggu (8/3/2015). 

Bukan hanya itu, kerjasama juga termasuk pengembangan infrastruktur LNG/gas alam, pengembangan pembangkit listrik tenaga gas, dan pengembangan pasar gas.

Kerjasama antara Pertamina dan Tokyo Gas telah lama terjalin dan berjalan dengan sangat baik sejak tahun 1990, ketika kontrak penjualan LNG dari Badak-IV ditandatangani hingga berakhir pada 2014. (pulo lasman simanjuntak)