» » » PT.Pertamina Trans Kontinental Tambah Tujuh Unit Kapal Jenis AHTS dan HT Senilai Rp 650 Miliar

Jakarta,eMaritim.Com,- Anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Trans Kontinental menambah 7 unit kapal senilai 50 juta dolar AS atau setara Rp650 miliar.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (29/3/2015), mengatakan ketujuh kapal tersebut berupa 2 unit jenis ”anchor handling tug supply” (AHTS) dan 5 unit ”harbour tug” (HT).

Dari ketujuh armada kapal tambahan itu, Pertamina kontinental menargetkan pendapatan sekitar 9 juta dolar AS atau setara Rp115 miliar pada tahun 2015.Kapal tersebut dibangun di galangan PT Batamec dan PT Dry Dock World Pertama (DDW).Bambang menerima secara resmi kapal dari Direktur Batamec Mok Kim Whang dan Senior General Manager DDW Chua Peng Chua di galangan Batamec, Batam, Jumat (27/3/2015), seperti dikutip kembali dari HU.Suara Karya, Senin (30/3/2015).

Menurut Bambang, kapal itu menggantikan peran kapal Pertamina yang usianya sudah lebih dari 30 tahun.”Ini merupakan bagian dari efisiensi sebagai pengganti kapal charter (sewa) dan pengembangan bisnis untuk melayani perusahaan di luar Pertamina,” katanya.

Ia mengatakan, kapal akan digunakan mendukung eksplorasi migas lepas pantai, mengoperasikan pelabuhan khusus Pertamina, dan mendistribusikan migas dalam rangka menjamin ketersediaan minyak dan gas di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental (PTK) Subagjo Hari Moeljanto mengatakan kapal AHTS akan memberikan pendapatan 9.000 dolar AS per kapal per hari, sedangkan ”harbour tug’ 3.400 dolar per kapal per hari.

 ”Dua kapal AHTS ini akan dioperasikan di perairan Balikpapan untuk melayani Total E&P Indonesia, adapun ”harbour tug” direncanakan beroperasi di terminal migas Pertamina dengan kontrak jangka panjang,” ujarnya. Menurut dia, dengan tambahan 7 kapal baru itu, keseluruhan armada kapal milik PTK saat ini sebanyak 27 unit. (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini