» » » BP.Batam akan Lelang proyek Pembangunan Pelabuhan Domestik Sikupang Senilai Rp 57 Miliar

Batam ,eMaritim.Com,- Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam akan melelang proyek pembangunan Pelabuhan Domestik Sekupang senilai Rp57 miliar.

"Bulan ini akan dilelang untuk pembangunan gedung baru dengan dua lantai. Terminal sementara juga sudah disiapkan," kata Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan Batam, Benny Syahroni di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, setelah ada pemenang lelang tersebut akan segera dilaksanakan pembangunan fisiknya dengan perkiraan akan memakan waktu 13 bulan.

"Nanti bangunan lama akan dirobohkan total. Selanjutnya didirikan gedung baru dua lantai yang modern. Peralatan keamanan juga akan ditingkatkan," kata dia.

Setelah pembangunan terminal baru usai, kata dia, akan dilanjutkan dengan pembangunan dermaga dan ponton baru sesuai dengan peningkatan kebutuhan pelayaran.

"Pembangunan tahap demi tahap. Tidak mungkin langsung dilakukan sekaligus. Karena menyangkut dengan anggaran yang besar," kata Benny.

Selain Pelabuhan Domestik Sekupang, kata dia, juga akan dibangun Pelabuhan Telaga Punggur dengan terminal tiga lantai meski belum sampai tahap lelang.

"Pembangunannya juga tahun ini. Anggaranya Rp64 miliar. Kami juga tengah menyiapkan terminal sementara agar aktivitas penyeberangan bisa dilakukan selama pengerjaan," kata dia.

Ia mengatakan, pelabuhan tersebut harus dibangun tiga lantai karena lokasinya relatif sempit dan jauh di bawah jalan utama.

"Nanti kendaraan langsung masuk lantai ketiga untuk mengantarkan penumpang. Bagi yang akan parkir bisa berputar dan turun ke lantai satu. Kalau mau keluar juga ada jalur langsung tanpa turun ke lantai bawahnya," kata Benny.

Ia mengatakan, lantai satu dikhususnya untuk parkir, sementara lantai dua dan tiga merupakan kawasan ruang tunggu penumpang dan kawasan komersial. (antaranews.com/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini