» » » Dukung Program Pengembangan Proyek Tol Laut, ASDP Siapkan Dana Rp 300 Miliar

Jakarta,eMaritim.Com,-PT.Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan  (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) mendukung program pengembangan tol laut yang dicanangkan pemerintah. Sebanyak 34 pelabuhan milik ASDP Indonesia Ferry merupakan modal dasar mendukung program tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro kepada Media Indonesia di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (14/4/2015) .

 “ASDP Indonesia Ferry punya 34 pelabuhan, saya mau bangun dermaga,” tambah Danang.

Menurutnya, penambahan dermaga akan memfasilitasi kapal untuk bersandar di pelabuhan. Ini merupakan upaya menghilangkan hambatan sesuai komitmen dari program tol laut. 

Danang mengatakan, ASDP akan meningkatkan kapasitas dermaga pada pelabuhan milik mereka hingga 40 ton. Dana sebesar Rp300 miliar siap digelontorkan.

Selain memperbaiki dermaga pada pelabuhan ASDP Indonesia Ferry untuk mendukung tol laut, Danang mengungkapkan ASDP Indonesia Ferry juga akan mengakuisisi perusahaan pelayaran lintas komersial. Targetnya dalam waktu dua hingga tiga bulan akan selesai.

 “Prosesnya masih di Menteri BUMN,” tuturnya.

Perusahaan pelayaran yang akan diakuisisi ASDP Indonesia Ferry memiliki ekuitas sebesar Rp1 triliun serta aset senilai Rp3 triliun. 

Dia menambahkan akuisisi akan meningkatkan aset ASDP Indonesia Ferry menjadi Rp6 triliun.

 Selain itu, pangsa pasar (market share) untuk pelayaran lintas komersial menjadi 30%. Saat ini market share ASDP Indonesia Ferry hanya 11%.

Pendanaan untuk akuisisi untuk perusahaan pelayaran akan berasal dari pinjaman bank badan usaha milik negara (BUMN). Atau penerbitan surat utang jangka menengah (Medium Term Note/MTN) atau obligasi untuk refinancing.(juntak/siman/pulo)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini