» » » Forum Regional Kemaritiman untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur di Balikpapan, Kaltim


Balikpapan, eMaritim.Com,-Forum Regional Kemaritiman untuk wilayah Indonesia bagian timur ini, dilaksanakan  Jumat , 17 April 2015 bertempat di Guest House Pemprov. Kalimantan Timur di Balikpapan. Forum ini dibuka oleh  Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, dan dihadiri oleh Gubernur Pemprov Kaltim Awang Faroek, wakil bupati Paser Penajam , para pejabat perwakilan kementerian/lembaga pusat serta para pejabat daerah khususnya Pemprov di wilayah Indonesia Timur.


Gubernur Kalimantan Timur menyampaikan beberapa usulan yakni Balikpapan menjadi pelabuhan internasional yang dapat langsung meng-ekspor keluar negeri dan tidak lagi harus melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

 Potensi lainnya yang digarisbawahi oleh Gubernur Kaltim yakni jalur alur laut Kalimantan Timur yang masuk dalam jalur  ALKI II, sehingga diperlukan pengamanan laut yang lebih intensif bagi Sumber Daya Ikan dan sumber daya laut lainnya untuk mencegah terjadinya IUU Fishing

Gubernur Kaltim juga menyampaikan penolakan adanya pipanisasi gas dari Kalimantan ke Pulau Jawa, dan mengharapkan tetap menggunakan sarana transportasi laut dalam pengangkutannya.