» » » Menyorot Kemaritiman di Indonesia dengan Segala Permasalahannya



Jakarta,eMaritim.Com,-Membahas kemaritiman Indonesia,di pikiran kita semua pasti langsung tertuju kepada betapa luasnya lautan Indonesia yang kita miliki saat ini. Mengapa kita langsung memikirkan tentang lautan setelah mendengar maritim,dikarenakan Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Begitu banyaknya pulau dan luasnya lautan yang kita miliki,kita sebagai masyarakat Indonesia tidak perlu takut akan kekurangan bahan pangan.Bahkan penduduk setempat yang daerahnya sangat dekat dengan laut, mereka bisa langsung memanfaatkan hasil laut itu sendiri, entah untuk di kosumsi atau untuk di jual kembali. 

Karena laut  sebagian besar penduduk bisa mencukupi bahan makanan dan kelangsungan hidup mereka, dan bagi kita yang tinggal di perkotaan, kita bisa menikmati hasil laut kita dengan membeli dari hasil jerih payah nelayan yang mengambil ikan dari hasil laut itu sendiri.

Bukan berarti kita hanya tinggal duduk menikmati susah payahnya para nelayan mengambil ikan atau hasil laut lainnya dengan santai, tetapi kita juga berperan penting agar bisa memberikan timbal balik kepada nelayan dan memberikan sedikit rejeki bagi para nelayan karena kita telah membeli hasil tangkapan mereka dengan cara membeli ikan dari para pedagang atau dengan membeli langsung dari nelayan itu sendiri.

Berbicara tentang hasil laut yang begitu melimpah di negara kita ini, banyak juga negara atau kapal asing yang mencoba mencuri hasil laut kita, khususnya negara yang berada sangat dekat dengan negara kita, contohnya Malasya, Vietnam, Fhiliphina.

 Sudah lama sekali masalah ini muncul dan sangat banyak kontroversial terhadap hal tersebut. Salah satu masalah yang timbul ini sangat merugikan banyak pihak, khususnya para nelayan, mereka menjadi lebih sedikit mendapatkan hasil tangkapan laut tersebut dan menjadikan kurangnya produksi ikan di pasaran indonesia.

Mengeluh? Ya jelas semua nelayan bahkan negara kita mengeluh, tapi harus  bilang apa? Apa yang bisa di lakukan para nelayan? Yak, benar tidak ada yang bisa dilakukan para nelayan, selain terus berusaha mendapatkan hasil tangkapan sebanyak-banyaknya walaupun mereka telah di curangi dan di curi hasil laut tersebut oleh negara-negara tetangga.

 Nelayan tersebut terus berusaha meskipun sulit dan berkurang hasil tangkapan mereka karena tak ada yang bisa mereka perbuat, kalau mereka berhenti menjadi nelayan mereka tidak akan bisa melanjutkan hidup mereka, karena hanya dari menangkap ikan dan menjadi nelayan lah mereka bisa bertahan hidup hingga saat ini.

Disinilah hukum dan pihak yang berwenang harus turun tangan dan bertindak tegas atas apa yang terjadi terhadap daerah kelautan yang kita miliki. Jangan hanya memperingatkan dan memberi ancaman belaka, tetapi harus lah pihak yang berwenang melakukan tindakan hukum yang tegas, dan bilamana perlu hancurkan atau tenggelamkan kapal-kapal asing yang mencoba merebut hasil kekayaan laut negara ini demi kesejahteraan dan keamaanan laut yang kita miliki.

Daerah maritim yang kita miliki saat ini sangat lah berlimpah, pulau-pulau yang bertebaran dan alam yang sangat luar biasa indah membuat kita bangga menjadi rakyat Indonesia. Tetapi lama kelamaan muncul kembali masalah yang datang, banyak sekali pulau kita yang tercemar bahkan tidak terawat hingga banyak nya sampah dan kotoran yang tergenang di lautan, tidak hanya itu banyak nya perusahaan-perusahaan yang tidak mau bertanggung jawab karena telah mengotori lautan dengan limbah nya yang begitu banyak tercemar dilautan.

Mengapa pemerintah tidak bertindak tegas? Mengapa beberapa banyak lautan dan pulau dan pabrik yang terbangun disini? Dan yang akhirnya hanya bisa mencemarkan laut yang begitu indah menjadi hitam karena limbah. Indonesia, ya Indonesia kita berada di negara kita sendiri, mengapa kita yang di permainkan dan di peralat dan menjadi budak bagi para investor asing? Mengapa kita hanya bisa menurut, mengapa kita tidak mau coba belajar agar kita bisa mengelola dan menjaga daerah Kemaritiman kita? Ini hanya terus menjadi PR besar bagi negara kita.

Jika kita mau Laut, pulau semua daerah kemaritiman kita terjaga dan menjadi laut yang sangat indah dan bisa menjadi potensi untuk kita, jangan hanya banyak bicara tetapi tidak pernah ada tindakan, mari kita coba semua untuk bersatu menjaga melestarikan laut kita, dan tentunya juga bagi.(benny fernando tampubolon/calon reporter)
sumber foto : google.com

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini