Wapres Sarankan Pelabuhan Laut Cilamaya Digeser ke Timur Tak Banyak Anjungan dan Oil Rig -->

Iklan Semua Halaman

Wapres Sarankan Pelabuhan Laut Cilamaya Digeser ke Timur Tak Banyak Anjungan dan Oil Rig

Pulo Lasman Simanjuntak
03 April 2015


Jakarta,eMaritim.Com,-Pemerintah Indonesia membatalkan pembangunan pelabuhan laut di Cilamaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat,dan akan menggeser lokasi pembangunan pelabuhan itu ke lebih timur seperti Subang atau Indramayu.

     Wakil Presiden Jusuf Kala menyarankan pelabuhan akan bergeser di daerah yang aman ke timur yang di depannya tidak banyak anjungan-anjungan dan oil rig.

"Tadi diputuskan bahwa rencana pelabuhan tetap harus berjalan secepat-cepatnya, tapi agak bergeser di daerah yang aman ke timur yang di depannya tidak banyak anjungan-anjungan dan oil rig," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla usai meninjau rencana lokasi pelabuhan Cilamaya di Desa Tanjungjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Kamis.(2/4/2015) seperi dikutip dari kantor berita  antaranews.com.

Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah pejabat seperti Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Plt. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana telah melakukan rapat membahas keputusan tersebut di Kantor Kepala Desa Tanjungjaya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan  pemindahan lokasi untuk pembangunan pelabuhan tersebut untuk mengutamakan keamanan kapal yang singgah dan produksi minyak dan gas dari sejumlah anjungan Pertamina tidak terganggu.

"Pelabuhan butuh keamanan yang kuat, tetapi gas lebih butuh lagi keamanan yang lebih tinggi. Maka menggabungkan dua kebutuhan untuk pelabuhan untuk industri dan masyarakat, tetapi Indonesia juga butuh peningkatan industri gas dan minyak," jelas Kalla.

Menurut Wapres, daerah yang akan dipilih adalah Jawa Barat wilayah timur selain Cilamaya, seperti wilayah Kabupaten Subang atau pun Indramayu yang memiliki kawasan bebas pipa jalur minyak dan gas atau pun anjungan minyak lepas pantai.

"Pokoknya yang aman di timur yang di depannya tidak ada anjungan minyak lepas pantai, dan yang bisa ada koridor 10km bebas (dari pipa atau rig), antara Subang atau Indramayu," tutur Jusuf Kalla.

Sebelumnya, rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya merupakan strategi pemerintah untuk mengurangi beban kinerja Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta..

 (benny fernando/calon reporter/lasman simanjuntak)



Teks Foto :
Wakil Presiden, Jusuf Kalla.(Fachry Latief/ MigasReview.com/eMaritim.Com)