» » » Menteri ESDM Sudirman Usulkan Indonesia Masuk OPEC

Jakarta, Emaritim.Com Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyadari Indonesia sangat banyak ketinggalan ihwal dinamika pasar minyak dunia. Dia menyadari hal tersebut disebabkan salah satunya, Indonesia memutuskan keluar dari Organisasi Negara Eksportir Minyak atau OPEC. 

Menurut Sudirman, ada baiknya jika Indonesia bisa masuk kembali menjadi bagian dari OPEC, pada 2008.

 “Itu (menjadi bagian OPEC) merupakan bagian dari menutup celah yang disebut rent seeker,” kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Sudirman sangat yakin, para pengambil keuntungan tersebut muncul lantarn jarak yang terlalu lebar antara penjual dan pembeli minyak.


 “Tapi begitu kita dekat, akan lebih baik (keadaannya),” sambung Sudirman.

Dia bilang, jika berposisi sebagai pembeli, Indonesia tidak akan bisa mengambil benefit dari negara-negara penjual minyak, karena tidak berhubungan secara dekat.

“Tapi kalau kita bergaul dengan mereka, kalau ada event kita ikuti, kita diskusi dengan mereka tentang arah pasar, akan makin baik,” tutur Sudirman.

Niat Sudirman untuk kembali masuk ke kelompok OPEC akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan RI 1, Joko Widodo.

“Saya juga sedang pertimbangkan, dengan izin Presiden, ingin kembali aktif dalam organisasi OPEC,” tandas Sudirman.

Sementara itu, Asosiasi Migas Indonesia (Indonesia Petroleum Association/IPA) mengajak pemerintah Indonesia sebagai pemegang kebijakan memikirkan nasib krisis energi Indonesia di masa depan. Pemikiran ini akan menjadi tema, IPA Convention & Exhibition (Convex) ke-39 di JCC, Jakarta, 20-22 Mei 2015. (suara karya/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini