» » » Pengembangan Kelautan, Teknologi Perikanan Norwegia Diadopsi

Solo, eMaritim.Com,-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengadopsi inovasi teknologi dari Norwegia untuk pengembangan bidang kelautan dan perikanan. Bahkan Norwegia, menjadi negara eksportir terbesar kedua di dunia untuk produk perikanan dan kelautan.

Hal ini dikatakan, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP) Suseno Sukoyono, kepada wartawan di sela-sela koordinasi pengembangan Taman Sains dan Teknologi Kelautan dan Perikanan (TSTKP) di Solo Techno Park (STP) Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/5/2015) seperti dikutip dari HU.Suara Karya, Jumat (29/5/2015).

“Di Norwegia mereka investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk bisa mengembangkan produk kelautan dan perikanan kita yang bisa dilakukan adalah inovasi melalui pelatihan di taman sains dan teknologi atau techno park,” jelasnya.

 Pengembangan inovasi tersebut melalui pelatihan yang dilakukan di TSTKP.

Tahun 2015 ini, pihaknya menargetkan sebanyak 22.200 orang dilatih dan mereka akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melalui pelatih tersebut, diharapkan nantinya bisa menyalurkan ilmu yang mereka peroleh kepada nelayan.

“Dari sini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi. Pelatihan yang dilaku-kan juga hanya dalam jangka dua minggu,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Ole Schanke Eikum, Commercial Councellor dari Kedutaan Norwegia, pada kesempatan yang sama mengatakan ada kemungkinan teknologi yang digunakan di Norwegia bisa diterapkan di bidang kelautan dan perikanan di Indonesia. (juntak/siman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini