» » » PT.Total dan Inpex Persilahkan Pertamina Masuk di Masa Transisi Sebelum Kontrak Kerjasama Berakhir

Teks Foto : Platforms atau anjungan lepas pantai milik TEPI berada di lapangan gas Jempang dan Metulang. Rig pengeboran gas akan masuk ke sini pada 21 April 2015. Jempang dan Metulang merupakan proyek ketiga TEPI di South Mahakam. Anjungan ini terdiri di tengah laut yang jaraknya 35 Km dari Balikpapan. (Foto : Kompas.Com )
Jakarta,eMaritim.Com,-Operator eksisting lapangan minyak dan gas Mahakam, Kalimantan Timur, PT Total E&P Indonesie dan Inpex Coorporation mempersilakan PT Pertamina masuk di masa transisi sebelum kontrak kerjasama dengan pemerintah berakhir pada 2017.

“Kemarin kami terima surat dari Total dan Inpex bahwa mereka menyatakan kesediaan. Mereka mengatakan iya kita siap ber-partner dengan Pertamina dari sekarang,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, belum lama ini seperti dikutip dari Kompas.Com.

Di sisi lain, Sudirman menegaskan yang pasti dari pihak Pertamina sendiri sudah menyatakan kesiapan untuk masuk ke Mahakam sebelum 2017.

“Apakah itu namanya transisi atau orientasi, itu enggak penting. Tergantung mengistilahkan transisi itu apa. Kalau Pertamina, sudah pasti (masuk) begitu ada kesepakatan,” terang Sudirman.

Menurutnya lagi, tidak ada imbal balik yang harus diberikan Pertamina kepada Total-Inpex di masa transisi. Menyiapkan masa transisi sudah menjadi kewajiban Total-Inpex sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sebelum mengakhiri kontrak.

Sudirman mengatakan, Kementerian ESDM sudah berikirm surat ke Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi untuk memberitahu Pertamina dan Total-Inpex terkait keputusan pemerintah tentang Blok Mahakam.(pulo lasman simanjuntak)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini