» » » Angkutan Lebaran , Kementerian Perhubungan Kembali Gelar Angkutan Sepeda Motor Gratis

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A.Barata

Jakarta,eMaritim.Com,- Kementerian Perhubungan pada masa angkutan lebaran tahun ini merencanakan akan dapat mengangkut sekitar 25.000 lebih sepeda motor secara gratis ke berbagai kota di Jawa Tengah dan di Jawa Timur. 

Pemudik yang akan membawa sepeda motor ke kampung halamannya, tidak perlu susah payah dan beresiko besar terhadap kecelakaan, karena Kementerian Perhubungan telah memfasilitasi pengangkutan sepeda motor gratis dengan moda kereta api, moda angkutan jalan dan moda kapal laut. 
Sepeda motor tersebut tidak perlu dioperasikan di jalan, karena dengan pengangkutan ini sepeda motor akan diantar ke kota  terdekat dengan kampung halaman masing-masing. 

Penyelenggaraan angkutan gratis sepeda motor ini merupakan yang ke-5 kalinya sejak pertama kali diadakan pada angkutan lebaran tahun 2011. Kemenhub memberikan pilihan moda transportasi yang digunakan untuk mengangkut sepeda motornya, yaitu diangkut dengan truk (seperti mnengangkut sepeda motor baru) dengan kuota angkut sebesar 2.800 sepeda motor untuk mudik dan 400 sepeda motor untuk balik. 
Diangkut dengan moda kereta api dengan kuota angkut sebesar 4.200 sepeda motor untuk arus mudik dan 4.200 sepeda motor untuk arus balik. Moda lain yaitu moda kapal laut, kapasitas angkut moda ini dapat mencapai lebih dari 5000 sepeda motor untuk arus mudik dan lebih dari 500 sepeda motor untuk arus balik. 
Sedangkan untuk pengendara sepeda motornya (kecuali yang diangkut dengan kereta api), masing-masing dua orang pengendara sepeda motornya difasilitas diangkut gratis dengan menggunakan bus atau ikut sebagai penumpang kapal laut. 


Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, J. A. Barata mengatakan, kegiatan angkutan sepeda motor gratis ini dilakukan sebagai bagian dari perhatian pemerintah terhadap keselamatan transportasi mengingat pada masa arus mudik dan balik periode lebaran banyak terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, di samping dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan.
  Data kecelakaan lalu lintas dari Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan bahwa penyelenggaraan angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik pada masa angkutan lebaran tahun 2014 memberikan pengaruh terhadap  turunnya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sebesar 18,05 %, yaitu dari  Jumlah kejadian  3.512 pada tahun 2013 menjadi 2.878 pada tahun 2014.

“Meskipun upaya ini tidak menyentuh kepada seluruh kegiatan angkutan lebaran yang tersebar di seluruh Indonesia, namun Kementerian Perhubungan dengan segala keterbatasannya memprioritaskan pada kegiatan transportasi yang paling rentan dalam keselamatan pada lokus di mana konsentrasi perjalanan yang paling besar.   Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling rendah tingkat kestabilannya, dan kendaraan ini memang tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh !,” tegas Barata.

Program angkutan sepeda motor gratis tahun 2015 ini telah dibuka di Kementerian Perhubungan dengan nama Mudik Gratis bagi Pengguna Motor 2015. 
 Masyarakat yang ingin memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis ini, dapat mendaftarkan diri baik melalui online www.mudikgratis.dephub.go.id atau datang langsung ke Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta. 

Pendaftaran melalui online telah dibuka mulai 1 sampai dengan 30 Juni 2015, sedangkan untuk pendaftaran langsung (offline)  dibuka mulai  15 Juni hingga 8 Juli 2015. 

“Sudah banyak peserta yang mendaftarkan diri melalui online. Pendaftaran ini  sebetulnya sebagai tahap booking seat, pesertanya sendiri tetap harus mendaftarkan diri lagi secara langsung dengan membawa persyaratan yang diminta.  Memang kami juga menerima banyak keluhan tentang sulitnya melakukan pendaftaran secara online. Hal ini dapat disebabkan oleh kekeliruan dalam pengisian formulir yang disediakan atau karena sulitnya terhubung dengan website www.mudikgratis.dephub.go.id. Untuk itu, kami mohon maaf, sebaiknya yang telah mengalami kesulitan mendaftar secara online silahkan melakukan pendaftaran secara langsung saja ke kantor Kemenhub”, kata Barata.

Pendaftaran secara langsung Mudik Gratis bagi Pengguna Motor 2015, selain di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Mendeka Barat No. 8 Jakarta, pendaftaran  secara langsung juga dapat dilakukan pada beberapa lokasi lain, yaitu :  

1. Untuk moda angkutan jalan (pemudik naik bus, sepeda motor diangkut truk), pendaftaran secara langsung dapat dilakukan juga pada : Terminal Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang, Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan dan Kantor Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Bulak Kapal Bekasi. 

2. Untuk moda angkutan kereta api, pendaftaran secara langsung untuk pengangkutan sepeda motor gratis dapat dilakukan juga  di Stasiun Bekasi, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tangerang, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Jakarta Gudang. 

3. Untuk moda kapal laut pendaftaran secara langsung juga dapat dilakukan  di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. (pulo lasman simanjuntak)
sumber foto : beritatrans.com 


      

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini