AS-Indonesia Kembangkan Kerjasama Penerbangan dan Mou Tingkatkan Dukungan Teknis -->

Iklan Semua Halaman

AS-Indonesia Kembangkan Kerjasama Penerbangan dan Mou Tingkatkan Dukungan Teknis

Pulo Lasman Simanjuntak
12 Juni 2015
Jakarta,eMaritim.Com,-Pada 9 Juni 2015, MITR pusatpenelitiandanpengembanganyang didanaiolehpemerintah Amerika Serikat;Airnav Indonesia;danAngkasaPura II menandatangani Nota Kesepahaman(MOU)terkaitkerjasamauntukmeningkatkandukunganteknisterhadapsektorpenerbangan Indonesia.

 Penandatanganantersebutdiselenggarakan di kediamanresmi Duta Besar Amerika Serikatuntuk Indonesia Robert Blake, bertepatandenganhariterakhir U.S. Industry Day, yang digelarolehKementerianPerhubungan, sekaligusdenganpeluncuranAviation Working Group (AWG), yang terdiriatasperwakilansektorswastadanpemerintahan AS dan Indonesia.


Dalamsambutan yang disampaikannyapada acara peluncuran AWG, Dubes Blake mengatakan, “Pembangunan infrastrukturmerupakansalahsatupilarutamadalamstrategipembangunanekonomipemerintahanPresidenJokowi ,danpengembangansektorpenerbanganmerupakan inti upayapembangunantersebut. ItulahmengapasayasangatsenangdapatikutsertadalampeluncuranAWGini. AWG merupakanwadahbagipemerintahdansektorswastaASuntukberinteraksidenganpemangkukepentinganpenerbangan Indonesia, untukberbagipraktikterbaikdariseluruhdunia, danuntukmengajukandanmenyediakansolusidanjasainovatifyangmendukungpengembangansektorpenerbangan Indonesia. Perusahaan-perusahaan AS memilikikeandalanuntukmenjawabtantangan-tantangan yang adadalamsektorpenerbangan yang terusberkembang, melaluikerjasamadenganpemerintahdanpemangkukepentinganpenerbangan Indonesia.”





 AWG mengadakankegiatandanpertemuan yang menguntungkankeduabelahpihak, yang menyelaraskankepentingandankekuatanindustri AS denganprioritas Indonesia dalambidang-bidangkunci, termasuk:


o   modernisasipengelolaanlalulintasudara

o   infrastrukturbandara

o   keselamatandankeamananpenerbangan

o   pengembangandanpembangunanlayananpendukungpenerbangan

o   analisiskapasitas, pengembangan, danperencanaanwilayahudaradanbandara

o   aksesdanintegrasipenerbanganumum

o   keamanankargo



Anggota AWG mencakup 23perusahaan AS yang menawarkansolusibagikebutuhansektorpenerbangan Indonesia, perwakilanDirektoratJenderalPerhubunganUdara, AngkasaPura I dan II, danAirnav Indonesia, sekaligusIndonesian Aviation Associationdanasosiasimaskapai-maskapaipenerbangan Indonesia.Perwakilanpemerintah AS dari Federal Aviation Administration, US Trade and Development Agency, dan Transportation Security Administration turuthadirdalamdiskusi-diskusi AWG. (siaran pers/pulo lasman simanjuntak)