» » » ASDP Cabang Pelabuhan Merak Kerahkan 45 Kapal Hadapi Pemudik Lebaran 2015

Foto-foto : Pulo Lasman Simanjuntak/eMaritim.Com

Merak, Banten,eMaritim.Com,-Dalam menghadapi pemudik Lebaran 2015 ini, PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Merak akan mengerahkan 45 unit kapal yang telah siap melayani angkutan penyeberangan pemudik Lebaran tahun ini baik untuk kendaraan roda dua (sepeda motor), maupun kendaraan roda empat.

Demikian dijelaskan oleh Nana Sutisna, Manager Usaha Pelabuhan, PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Merak kepada wartawan-termasuk wartawan eMaritim.Com- di ruang kerjanya, Selasa (23/6/2015) saat menerima kendatangan Direktur Teknik dan Operasi PT.Marga Mandalasakti (MMS) Sunarto Sastrowiyoto, Tim Divisi Operasi, dan Tim Humas untuk melihat persiapan pemudik Lebaran 2015 baik di jalan tol Tangerang Merak serta Pelabuhan Penyeberangan Merak.

"Ada 56 kapal di lintasan. Namun, kapal yang siap melayani angkutan Lebaran tahun ini sebanyak 45 kapal yang sudah teruji stabil keselamatan berdasarkan SOP Syahbandar, semua bersertifikat,  dan ada patroli dari Angkatan Laut/AL dan Polair," jelasnya seraya menambahkan pada Juli 2015kapal docking sebanyak 6 unit serta kapal yang tidak siap yaitu KMP.BSP3, KMP.Nusa Setia, KMP.BSP2, dan KMP.Vicktunus 5.

Nana Sutisna, Manager Usaha Pelabuhan PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak menjelaskan lagi rencana angkutan Lebaran miliki motto aman, nyaman, tepat waktu, dan selamat sampai tujuan."Arus mudik Lebaran 2014 yang lewat Pelabuhan Penyeberangan Merak 137.581 orang, tahun ini diperkirakan meningkat 6 %. Hal ini diperkirakan karena meningkatnya pemudik lebaran yang gunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat. Pada H-5 truk sudah mulai berkurang, ada pelarangan angkutan barang, semoga pemudik makin lancar," ujarnya.

Dikatakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan, keberangkatan pada malamhari masih menjadi favorit pemudik sepeda motor. Pada hari puncak mudik kendaraan pribadi masih bertahan pagihari, dan H-2 untuk penumpang puncaknya pada pukul 21.00 WIB s/d pukul 05.00 subuhhari, pukul 05.00 s/d pukul 13.00 WIB (sedang), dan pukul 13.00 s/d pukul 21.00 WIB (rendah). Sedangkan untuk pemudik yang gunakan sepeda motor pada H-2 puncaknya terjadi pada pukul 19.00 s/d pukul 07.00 WIB.

"Lebaran tahun ini tidak lagi menggunakan tali untuk pembatas buka tutup, namun menggunakan gate. Kita sepakat puncak arus mudik Lebaran terjadi pada Rabu ( 15 Juli 015) dan kamis (16 Juli 015).. Lima dermaga sudah ready, tak ada perubahan. Fasilitas penumpang pelabuhan antara lain 56 cctv, shuttle bus 3 unit, mini market, dan sebagainya. Kapal khusus sepeda motor ada di dermaga empat dan lima," katanya. (pulo lasman simanjuntak)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini