» » » BP3IP Wisuda 209 Pelaut Tingkat I Bidang Nautika dan Teknika

Jakarta,eMaritim.Com,- Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP)Jakarta mewisuda dan melepas sebanyak 209 pelaut tingkat I yang terdiri dari 115 pelaut bidang Nautika (ANT) dan 94 bidang Teknika (ATT). Para pelaut dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Santoso Eddy Wibowo di Balai Samudera, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dalam upacara pelepasan para pelaut atau disebut dengan Bon Voyage, kali ini mengambil tema “We Succeed The day Of The Seafarer 215 with the focus On Maritime Education” karena pada bulan Juni tepatnya pada tanggal 25 diperingati sebagai hari pelaut atau Day of Seaferer.

Dalam sambutannya, Sesjen Santoso Eddy berpesan kepada para lulusan pelaut tingkat I ANT dan ATT agar selalu mengutamakan profesionalisme dan safety culture di dalam setiap tugasnya.

“Karena faktor keselamatan merupakan faktor utama dan mutlak dalam penyelenggaraan jasa transportasi,” tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam kebudayaan maritim modern, pelaut harus memiliki tiga semangat yaitu : Keterbukaan, Kemandirian dan Keberanian.

Yang dimaksud dengan keterbukaan, lanjut Eddy adalah tidak menutup diri dari segala perubahan antara lain globalisasi, perkembangan IPTEK, kemajuan dan budaya bangsa lain. 

“Keterbukaan penting dalam rangka pembaharuan demi kemajuan pembangunan maritim,” ujarnya.
Eddy melanjutkan, semangat kemandirian perlu dimiliki oleh seorang pelaut dalam bentuk pendirian yang teguh, loyal pada bangsa negara, memiliki tekad yang bulat dan kecintaan pada tugas dalam rangka menghadapi tantangan untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sederajat dengan bangsa lain. 

Sedangkan semangat ketiga, menurut Eddy yaitu semangat keberanian,yang merupakan ciri khas pelaut pada saat berlayar yaitu berani, tegar dan sigap dalam menghadapi hambatan alam, gelombang tinggi, bajak laut dan berkeyakinan bahwa dapat menaklukkan alam. 

“Menaklukan bukan berarti mengalahkan, tetapi dapat bersahabat dengan alam. Selamat kepada para lulusan, jangan cepat berpuas diri, pacu semangat dalam menghadapi persaingan global di bidang maritim,” jelas Eddy dihadapan para lulusan pelaut tingkat I. (www.dephub.go.id/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini