» » » Gelombang Tinggi Landa Maluku

Tual, eMaritim.Com, Cuaca buruk dengan gelombang tinggi antara 2-5 meter kembali melanda hampir seluruh perairan Provinsi Maluku.Hal itu dipicu aliran udara dari tekanan tinggi di Australia menuju tekanan rendah di Samudera Pasifik.Pelayaran antarpulau dan aktivitas nelayan harus dihentikan.

Menurut laporan HU.Kompas, Kamis (11/6/2O15) pada beberapa lokasi di pesisir Kota Tual, Rabu (1O/6/2O15) sejumlah perahu nelayan lokal yang umumnya menggunakan mesin berkapasitas 4O PK (tenaga kuda) didaratkan.Angin kencang menerpa daerah itu.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi George Mahubessy mengatakan wilayah Maluku sudah memasuki musim hujan.Hujan disertai angin kencang diprediksi bakal terus melanda Maluku hingga Agustus mendatang.

Meningkatnya kecepatan angin disebabkan tekanan tinggi di Benua Australia yang mencapai 1.O34 miliar.Aliran udara dari titik ituy bergerak dengan kecepatan tinggi hingga 4O kilometer per jam menuju tekanan rendah di sekitar Samudera Pasifik yang berada pada angka 98 miliar.

"Maluku menjadi jalur yang dilalui angin tersebut sehingga timbulkan gelombang tinggi," jelasnya (lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini