» » » Hari Pelaut Sedunia, Angka Kecelakaan di Laut Masih Tinggi

Semarang,eMaritim.Com,-Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada Jumat lalu (12/06/2015) sekaligus Kampanye Keselamatan Pelayaran, maka diadakan upacara yang dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Ignatius Jonan di Dermaga Nusantara Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Cuaca terik pagi ini tidak menghalangi semangat peserta upacara yang diikuti oleh beberapa instansi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam mengikuti prosesi upacara memperingati Hari Pelaut Sedunia.

 Pelabuhan Tanjung Emas dipilih sebagai lokasi upacara karena letak Tanjung Emas yang strategis dan juga merupakan salah satu pelabuhan yang ramai dikunjungi kapal barang maupun kapal penumpang.

Turut hadir sebagai tamu undangan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala KSOP Henry Tondang, GM Pelindo III Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi, Plh GM TPKS Edy Sulaksono, Direktur PIP Semarang Chairul Djohansyah dan para Pimpinan Instansi yang turut hadir di kursi tamu yang disediakan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ignatius Jonan, menyampaikan bahwa Keselamatan Kerja merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Menurut Jonan, angka kecelakaan di laut masih tinggi .

 Dalam sambutannya Jonan berharap selama arus mudik Lebaran 2015 esok tidak ada kecelakaan di laut (zero accident) dan diperkirakan jumlah penumpang melalui moda laut akan meningkat. “Dalam waktu dekat kita akan memasuki bulan Puasa dan Lebaran, saya harap tidak ada kecelakaan di laut”, imbuhnya saat memberi sambutan.

Dalam upacara yang telah berlangsung tadi, Jonan juga memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak. Penerima penghargaan kategori Nahkoda Teladan yaitu Nahkoda KN Jadayat, Laurens De Fretes dan Nahkoda PT Berlian Laku Tanker, Capt. Sudarsono. 

Sedangkan penghargaan Women in Maritime diberikan kepada Chandra Motik Yusuf selaku Ketua Umum Lembaga Bina Hukum Laut Internasional. Penjaga Menara Suar (PMS) Teladan yaitu R. Agung Cahya Nugraha dari distrik Navigasi Kelas II Semarang dan Teguh Wiharjo Wiharjo dari Distrik Navigasi Kelas II Semarang.

Upacara memperingati Hari Pelaut Sedunia ditutup dengan atraksi marching band dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan musibah kebakaran di atas kapal KM Kirana I milik PT Dhama Lautan Nusantara.

Tentang Pelindo III:
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam sector perhubungan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 10 anak perusahaan dan afiliasi. 

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi Negara dan masyarakat.(lasman simanjuntak)
sumber berita dan foto : www.pelindo.co.id



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini