» » » Indonesia Dapat 70 Persen Blok Mahakam, Total-Inpex 30 Persen

Jakarta,eMaritim.Com,- Pemerintah telah mengambil keputusan terkait pembagian saham Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menuturkan, operator existing, Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation, diberikan porsi sebesar 30 persen.

“Pertamina dan BUMD mendapat porsi saham 70 persen, sedangkan Total-Inpex diberikan interest 30 persen. Jadi 70 persen untuk Indonesia, dan 30 persen untuk operator sekarang,” kata Sudirman dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Sudirman menjelaskan, pemberian porsi seperti ini sudah memasukkan berbagai pertimbangan. Pertama, Pertamina harus betul-betul berperan sebagai operator yang mengontrol mayoritas saham.

Di sisi lain, pemerintah juga ingin memberikan apresiasi kepada operator existing yang sudah menunjukkan kinerja baik dan komitmennya untuk berinvestasi.

Sementara itu, porsi hak partisipasi (participating interest) Pemerintah Daerah Kalimantan Timur melalui BUMD akan diberikan kepastiannya pekan depan, setelah ada pembahasan dengan Gubernur.

“Menunggu Gubernur pulang, dari luar kota. Akan ada diskusi lanjutan untuk menetapkan porsi Pemda,” sambung Sudirman.

Sudirman menambahkan, Presiden Joko Widodo menekankan agar seluruh porsi participating interest yang diberikan kepada Pemda – berapapun besarnya – dapat dimaksimalkan manfaatnya  untuk masyarakat daerah.

“Sejauh mungkin bisa diambil manfaat dan kontrolnya dengan bantuan Pertamina,” ucap Sudirman.

(lasman simanjuntak)
sumber berita dan foto : kompas.com (19/6/2015) 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini