» » » Rakornas Angkutan Laut Perintis di Atas KM.Kelud

Direktur Jendral Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit--MI
Jakarta,eMaritim.Com,-Kementrian Perhubungan Direktotrat Jenderal Perhubungan laut melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) angkutan laut perintis tahun 2015 diatas KM. Kelud.

Direktur Jendral Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit mengatakan, rapat ini dilakukan bertujuan untuk mendorong mobilitas masyarakat Indonesia yang berada diberbagai pulau yang masih sulit untuk dijangkau alat transportasi laut.

"Untuk itulah, pelayaran perintis memiliki peran penting. Khususnya dalam mendorong pengembangan daerah, meningkatkan konektivitas antar pulau dan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya serta terwujudnya stabilitas nasional yang mantap dan dinamis dalam kerangka NKRI," ujar Bobby ketika membuka Rakornas di KM. Kelud, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/6/2015) seperti dikutip dari Metrotvnews.com, Senin (22/6/2015).

Bobby menambahkan, pemerintah berkomitmen untuk merealisasikan program tol laut guna mewujudkan ketahanan pangan nasional. Bobby menegaskana, adanya Rakornas pelayaran perintis tahun 2015 dengan tema 'pemanfaatan angkutan laut perintis guna mendukung program tol laut nasional,' ini sangat tepat.

"Dengan harapan adanya pemerataan penyediaan pangan di wilayah yang belum berkembang, khususnya di kawasan Indonesia bagian timur. Sementara itu, kondisi sistem logistik nasional saat ini masih ditemui berbagai permasalahan. Mulai kekurangan stok dan fluktuasi harga bahan kebutuhan pokok, perbedaan harga cukup signifikan didaerah terpencil. Rendahnya tingkat penyediaan kuantitas dan kualitas infrastruktur. Bahkan terbatasnya kapasitas dan jaringan logistik nasional," bebernya.

"Pelayaran perintis merupakan salah satu komponen penting bagi kelangsungan sistem logistik nasional, khususnya dalam mendukung program tol laut. Hampir semua aktivitas perdagangan antar pulau sangat tergantung pada pelayaran. Distriibusi lancar sangat menentuukan harga jadi stabil. Kondisi ini menuntut transportasi laut untuk senantiasa mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan sektor perdagangan disamping sektor lainnya," tandas Bobby. (eykel lasflorest/pls)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini