» » » Arus Balik, KRI MAKASSAR-590 Angkut 225 Motor dan 710 Peserta Mudik Gratis Kemenhub Tujuan Jakarta

Surabaya,eMaritim.Com,-KRI MAKASSAR-590 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Elmondo S yangmengakut peserta balik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor telah diberangkatkan pada Selasa (21/7/2015) di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Laksamana Pertama TNI, Pranyoto melepas langsung keberangkatan KRI Makassar yang berisi 225 motor dan 710 orang penumpang peserta balik gratis dengan kapal.

Seperti diketahui, pada tahun 2015 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor pada 2 (dua) rute yaitu rute Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Priok – Tanjung Perak Surabaya. 

Sedangkan kapal yang digunakan adalah KM. Dobonsolo milik PT Pelni, KRI. Surabaya milik TNI AL dan KM. Wihan Sejahtera milik perusahaan pelayaran swasta dengan total kuota kapasitas angkut sebanyak 13.500 sepeda motor dan 23.000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik. 

Pemberangkatan KRI pada tanggal 21 Juli 2015 merupakan kapal pertama yang mengangkut peserta balik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor tahun 2015 di Tanjung Perak, Surabaya. 

Berikutnya, pada tanggal 25 Juli 2015 akan diberangkatkan kapal terakhir dari Tanjung Perak, Surabaya ke Jakarta menggunakan kapal swasta yaitu KM. Wihan Sejahtera yang mengangkut peserta balik gratis bagi pengguna motor, Sebagai informasi, beberapa fasilitas yang diberikan kepada para peserta Balik Gratis dengan Kapal Bagi Pengguna Sepeda Motor antara lain yaitu fasilitas kesehatan, dokter dan obat-obatan, gratis makan selama diatas kapal dan kaos. 

Kepada para peserta balik gratis sepeda motor, Pranyoto menghimbau agar tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama di atas kapal. Kepada Nakhoda dan Anak Buah kapal ia juga berpesan agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam pelayaran, serta dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua penumpang selama di atas kapal dalam pelayaran. 

“Penyelenggaraan program balik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor ini merupakan komitmen dan kepedulian Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan,” tegas Pranyoto,

Diharapkan melalui program ini, lanjutnya, masyarakat dapat melakukan perjalanan balik dengan lebih aman dan nyaman serta dapat mengurangi beban jalan raya sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan khususnya bagi kendaraan roda dua. (www.dephub.go.id/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini