» » » Arus Mudik Lebaran 2015 di Pelabuhan Semayang Balikpapan Berlangsung Lancar

Balikpapan,eMaritim.Com,-Pelaksanaan arus mudik lebaran 2015 di Pelabuhan Semayang Balikpapan berlangsung lancar sebagaimana yang diharapkan. Kapal yang tersedia bisa menampung calon pemudik baik ke arah Jawa maupun Sulawesi Selatan.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R. Mamahit Selasa malam (14/7/2015) melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Semayang. 

"Kita bersyukur, semuanya berjalan lancar tanpa kendala apapun. Ini berkat kerjasama semua pihak, seperti pengelola pelabuhan, pemilik kapal, KSOP dan pihak kepolisian," kata Bobby.

Bobby menambahkan, pemerintah berharap bisa melayani masyarakat yang akan berlebaran di kampung halamannya masing-masing. Pada H-3 telah disiapkan KMP Bukit Siguntang milik PELNI yang mampu mengangkut 2.800 penumpang. Rabu ini (15/7) juga dioperasikan KMP Dharma Kartika IX tujuan Surabaya yang mampu menampung 800 penumpang. Juga Labobar milik PELNI. 

"Laporan dari KSOP dan Pelindo III semuanya terangkut, tidak ada yang tertinggal," jelas Bobby.
Arus mudik lebaran dari Balikpapan memang terjadi penyebaran. Pemudik tidak hanya mengandalkan angkutan transportasi laut, tapi juga udara. Saat melakukan peninjauan ke Bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dilaporkan sejak H-15 hingga H-3 terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

Ada perbedaan sekitar 6000 penumpang selama musim mudik lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Sehingga ini dapat mengurangi beban angkutan laut. 

Sementara itu Kepala KSOP Balikpapan, Sugeng yang juga koordinator angkutan lebaran mengatakan, faktor keselamatan dan kemananan di Pelabuhan Semayang cukup terkendali. Berkat kesiapan aparat kemananan, berhasil ditangkap 6 orang copet yang kemudian diserahkan kepada pihak yang berwajib. (www.dephub.go.id/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini