Dirjen Hubla Capt.Bobby R Mamahit Lepas Km.Dobonsolo Angkut Ribuan Pemudik Gratis -->

Iklan Semua Halaman

Dirjen Hubla Capt.Bobby R Mamahit Lepas Km.Dobonsolo Angkut Ribuan Pemudik Gratis

Pulo Lasman Simanjuntak
15 Juli 2015
Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt.Bobby R Mamahit

Jakarta,eMaritim.Com – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Capt. Bobby R. Mamahit , Rabu, 14 Juli 2015,  melepas KM. Dobonsolo yang mengangkut ribuan peserta mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Tanjung Emas Semarang.

 Dari data yang ada sampai pukul 12.00 Wib tercatat KM. Dobonsolo akan memberangkat 1.334 motor dan 2.655 orang penumpang peserta mudik gratis dengan kapal. Penumpang tersebut masih memungkinkan bertambah sampai dengan pemberangkatan kapal sore nanti.
 
Seperti diketahui, pada tahun 2015 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan  mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor pada 2 (dua) rute yaitu ryte Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Priok – Tanjung Perak Surabaya. 

Sedangkan kapal yang digunakan adalah KM. Dobonsolo milik PT Pelni, KRI. Surabaya milik TNI AL dan KM. Wihan Sejahtera milik perusahaan pelayaran swasta dengan total kuota kapasitas angkut sebanyak 13.500 sepeda motor dan 23.000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik.
Pemberangkatan KM. Dobonsolo pada tanggal 15 Juli 2015 merupakan kapal terakhir yang mengangkut peserta mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor tahun 2015. 

Sebelumnya, pada tanggal 11 Juli 2015 juga telah memberangkatkan dua kapal yaitu KM. Dobonsolo dan KRI Surabaya   yang  mengakut peserta mudik gratis bagi pengguna motor. Dari data yang ada sampai dengan tanggal 15 Juli 2015 pk. 12.00 realisasi jumlah pemudik gratis dengan kapal yang sudah diangkut adalah sebanyak 2.781 motor dan 7.216 orang penumpang. 
Sebagai informasi, beberapa fasilitas yang  didapat para peserta Mudik Gratis dengan Kapal Bagi Pengguna Sepeda Motor antara lain yaitu asuransi jiwa bagi seluruh anggota keluarga serta asuransi kerugian untuk sepeda motor, fasilitas kesehatan, dokter dan obat-obatan, gratis makan malam (buka puasa) & makan pagi (sahur) selama diatas kapal, diberikan kaos dan masker bagi pengemudi sepeda motor, fasilitas Wifi Internet, serta Tauziah oleh Ustadz.
Kepada para peserta mudik gratis sepeda motor dihimbau agar tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama di atas kapal. Kepada Nakhoda dan Anak Buah kapal Menhub juga berpesan agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam pelayaran, serta dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua penumpang selama di atas kapal selama dalam pelayaran.
Penyelenggaraan program mudik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor ini merupakan komitmen dan kepedulian Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Diharapkan melalui program mudik gratis ini masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih aman dan nyaman serta dapat mengurangi beban jalan raya di sepanjang jalur pantura sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan khususnya bagi kendaraan roda dua.(siaran pers humas ditjen perhubungan laut/lasman simanjuntak)
Foto :Metrotvnews.com