» » » Indonesia Hadapi Krisis Kesiapan SDM Bidang Kemaritiman

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Saat ini Indonesia menghadapi krisis kesiapan SDM bidang kemaritiman.

 Permasalahan yang dihadapi adalah masih rendahnya minat generasi muda untuk belajar di bidang kemaritiman.

 Hal tersebut diakibatkan oleh berbagai faktor. Namun, faktor yang paling mendasar adalah bergesernya transformasi pembelajaran visi bangsa, yaitu visi maritim menjadi visi kontinental (daratan)

Kondisi tersebut secara gradual berakibat pada animo generasi muda yang menurun untuk memilih profesi di bidang kemaritiman. Generasi muda beranggapan bahwa bekerja di bidang kemaritiman adalah beresiko tinggi, kotor dan kurang bergengsi.

Untuk itu, Kemenko Bidang Kemaritiman melalui Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim merangkul Kemdikbud c.q. Pusat Kurikulum dan Perbukuan untuk berkoordinasi dalam wadah FGD (focus discussion group) membedah isu terkait muatan kemaritiman dalam kurikulum sekolah yang sudah dilakukan, dan rencana tindak lanjut kedepannya. 

Hal tersebut mempertegas pernyataan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Bpk. Anis Baswedan) yang akan memasukkan muatan kemaritiman dalam kurikulum sekolah. Keluaran dari FGD ini adalah adanya kesepahaman dan upaya antara berbagai pihak untuk mendukung muatan kemaritiman dalam kurikulum sekolah.(press release humas menko kemaritiman/lasman simanjuntak)




eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"