» » » Dirjen Capt.Bobby R Mamahit : Angkutan Mudik Gratis Lebaran Gunakan Kapal Laut Lampaui Target

Jakarta eMaritim.Com,-Angkutan mudik gratis Lebaran 2015/1436 H yang menggunakan kapal laut melampaui target kuota sebesar 10 ribu penumpang.

Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub, Capt. Bobby R Mamahit menyebutkan hingga H+5 jumlah pemudk gratis kapal sudah lebih dari 10 ribu orang.

“Peminatnya cukup banyak, tahun depan kami akan menambah armada kapal lagi dan mengusulkan penambahan alokasi anggaran sekitar 15 persen dari Rp 35 miliar tahun ini.
Pencapaian kuota angkutan tersebut menunjukan tingginya minat masyarakat pada program angkutan mudik gratis," jelasnya.

Anggaran subsidi tahun 2015 untuk mudik gratis tahun ini sebesar Rp.35 miliar meliputi moda transportasi laut Rp.25 miliar, angkutan jalan raya dan kereta api Rp10 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Capt.Bobby R Mamahit  berharap, program pemerintah ini mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya hingga kecelakaan lalulintas tiap tahun menurun.

Penumpang yang naik kapal laut program mudik gratis hingga saat ini tujuan Semarang Jawa Tengah untuk sepeda motor 4.489 unit, penumpang9.922 orang. Sedangkan untuk lintas Surabaya sepeda motor 4000 unit dan penumpang 2000 orang.

Sedangkan untuk keseluruhan jumlah penumpang non gratisan.yang menggunakan transportasi kapal laut tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mencapai 45.795 orang.

“Pemudik ke Tanjung Emas memang lebih tinggi, dibanding pelabuhan lain di Indonesia. Pemudik di Semarang ini berasal dari Jakarta, Banjar masin, Samput, Ketapang, Kumai, Pontianak dan Batu Licin,”jelasnya.

Para pemudik melalui program subsidi pemerintah tersebut, kata Bobby diangkut kapal milik PT Pelni dan kapal KRI Banda Atjeh milik TNI Angkatan Laut. ” Keseluruhan kapal-kapal tersebut diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,”Jelas Bobby.(jitro kolondam/lasman)
sumber berita dan foto : poskotanews.com

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini