» » Dukungan Kemajuan Iptek Guna Pembangunan Kemaritiman Berdaya Saing Industri



Jakarta,eMaritim.Com,-Puncak peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) yang dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (10/08/15) Menko Maritim, Indroyono Soesilo dalam sambutan dan arahannya menyampaikan beberapa hal penting terkait dukungan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pembangunan bidang Pangan, Energi dan Kemaritiman. 
 
Beberapa langkah penting yang perlu diambil oleh pemerintah dalam mendukung pembangunan bidang pangan, energi dan kemaritiman yakni memastikan peningkatan kualitas sumberdaya manusia diberbagai bidang, mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil Litbang pada bidang pangan, energi dan kemaritiman untuk meningkatkan daya saing industri, memperkuat keamanan laut dengan mengupayakan beberapa galangan kapal nasional agar dapat membuat kapal-kapal patroli cepat, memperkuat fakultas teknik perkapalan yang ada.

 Penguasaan teknologi kunci di bidang kelautan seperti mengembangkan pusat-pusat penelitian kelautan untuk meneliti permasalahan-permasalahan nyata yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan bidang kelautan. Selain itu  juga harus menguasai teknologi pengeboran minyak dan gas lepas pantai.

Hal lain yang disampaikan Menko Maritim terkait memperkuat sumber daya iptek dimana perlu diprioritaskan pembangunan SDM yang berkualitas dengan mobilitas dan produktivitas yang tinggi; anggaran litbang yang memadai dengan sistem pengelolaan yang fleksibel; infrastruktur litbang yang modern dengan sistem pemanfaatan bersama yang maksimal. 

Pada penutup Menko Maritim mennggarisbawahi untuk memusatkan sumber daya ini untuk membangun pusat-pusat unggulan, Pusat unggulan harus disinergikan dengan pembangunan dan pengembangan 100 Science and Technology Parks di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program Nawa Cita.(siaran pers humas menko kemaritiman/pulo lasman simanjuntak)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini