» » » Menikmati Wisata Laut di Taman Laut Bunaken dengan Terumbu Karang dan Ikan Warna-Warni

Snorkling atau Diving di Taman Laut Bunaken : Flora Esther Kolondam, wisatawan dari anggota BWA GMAHK Jatinegara sedang melakukan olah raga snorkling atau diving di kedalaman  dasar laut di Taman Laut Bunaken, masuk dalam Kecamatan Pulau-Pulau Manado Tua, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.(Foto :Ist/Lasman Simanjuntak/eMaritim.Com) 

Manado ,eMaritim.Com,-Baik di permukaan atau bawah laut, alam Indonesia memang begitu mempesona. Bunaken di Manado misalnya, terkenal akan taman lautnya yang memiliki beragam terumbu karang dan ikan warna-warni yang memukau.

Setelah Raja Ampat di Papua Barat, Bunaken di Manado bisa dibilang memiliki taman bawah laut yang sangat indah. Dihimpun detikTravel, Kamis (20/8/2015) terdapat lebih dari 13 jenis terumbu karang, dengan 91 jenis ikan yang hilir-mudik di Bunaken.

Beberapa spesies fauna laut yang bisa ditemui seperti ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus) dan banyak lainnya.

Selain itu terdapat juga spesies moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian. Total, terdapat sekitar 20 titik penyelaman di Taman Laut Bunaken.

Bagi traveler yang menggemari olahraga snorkeling atau diving, tentu akan sangat dimanjakan apabila datang ke Bunaken. Kabar baik lainnya, tingkat visibilitas air di Bunaken bahkan dapat mencapai 20-40 meter. Tanpa perlu diving, traveler dapat melihat jelas keindahan biota bawah laut Bunaken.

Sedangkan bagi yang suka diving, Bunaken memiliki salah satu spot menarik yang berupa terumbu karang vertikal nan terjal di kedalaman antara 25-50 meter. Rasanya seperti berenang di depan tembok terumbu karang yang luar biasa indah.

Tapi sebelum memasuki Taman Nasional Bunaken, traveler diharuskan terlebih dulu membeli tiket masuk. Tiket masuknya dapat dibeli di beberapa operator wisata bahari hingga counter tiket di Pulau Bunaken dan Siladen.

Bagi Anda yang tertarik untuk snorkeling atau diving ke Bunaken, traveler dapat melewati perjalanan darat sekitar 40 menit menuju Pelabuhan Manado dari pusat kota. Dari sana, ada kapal feri menuju Bunaken yang berangkat setiap hari.

Namun perlu diingat, waktu terbaik untuk berkunjung ke Bunaken adalah antara Mei-Agustus. Tak sedikit turis domestik dan mancanegara yang ingin kembali lagi untuk menikmati keindahan di bawah laut Bunaken. Snorkeling atau diving ke Bunaken, dijamin ketagihan!. (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini