» » » Deklarasi Pengukuhan Pengurus DPP Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia (INNI) Periode 2015 - 2020

Jakarta,eMaritim.Com,-Deklarasi pengukuhan pengurus Ikatan Nakhoda Niaga  Indonesia (INNI) periode 2015-2020 berlangsung di ruang  press room Gedung Nusantara 3 ,DPR/MPR Senayan, Jakarta, Senin, 28 September 2015. Tampak dalam gambar para pengurus INNI yang rencananya akan dikukuhkan secara resmi  di Hotel Sari Pan Pacific, Lantai 4, Grand Ball Room, Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2015.

 Ketua Umum Ikatan Nahkoda Niaga Indonesia (INNI) yang juga anggota Komisi V DPR,Dr.Capt.Anthon Sihombing, M.Mar,  didampingi pengurus lainnya memberikan keterangan pers pada saat  acara Deklarasi Pengurus Baru INNI .

 Dalam kesempatan itu mereka menjelaskan tentang posisi dan peran nahkoda Indonesia di dunia yang semakin menurun kiprahnya.Hal tersebut karena kalah bersaing dengan nahkoda-nahkoda dari negara asean lainnya. 

Sementara itu dalam siaran pers (press release) Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia (INNI) yang dibagikan kepada para wartawan di Jakarta, Senin (28/9/2015) menyebutkan  diawali dengan sambutan dari Ketua Umum Terpilih, Dr. Capt. Anthon Sihombing, M.Mar, pada kongres ke-VI INNI pada tanggal 08 Juni 2015 di Hall Balai Pendidikan, Pelatihan dan Penyegaran Ilmu Pelayaran (BP3IP), Jakarta. Acara pengukuan pengurus DPP Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia (INNI)  di Hotel Sari Pan Pacific Lantai 4, Grand Ball Room, Jakarta  direncanakan  pada  Kamis, 1 Oktober 2015, akan berlangsung dengan sederhana dan khidmat.

Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia (INNI) adalah organisasi masyarakat yang fokus dalam bidang kemaritiman dan kelautan dengan tujuan utama adalah ikut mensukseskan program pemerintah Presiden R.I,  Joko Widodo (Jokowi) , yaitu Indonesia sebagai poros maritim melalui tol laut dengan misi sebagai berikut :
  1. Membantu Kementerian Perhubungan untuk memberikan masukan-masukan dan langkah-langkah yang konkrit dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran di Wilayah Laut/perairan N.K.R.I.
  2. Membantu Badan Klasifikasi dalam rangka kelaik-lautan kapal dan mengaktifkan kembali SDM Pandu sebagai Quality Control yang terakhir dalam hal keselamatan pelayaran.
  3. Ikut serta dalam memberikan konsultasi, edukasi dan advokasi terhadap baik SDM (tenaga-tenaga) pelaut maupun staf perusahaan milik negara, swasta dan off-shore yang bergerak dibidang maritim dan kelautan.
  4. Membantu pihak pengelola pelabuhan untuk mempersingkat Awaiting Time dan Dwelling Time dengan sistem First In First Out (FIFO) untuk kedatangan kapal di Pelabuhan.
  5. Membantu pemerintah untuk membuat dan mengoperasikan pemanduan dan VTIS pada ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) sehingga dapat menambah pendapatan negara.
Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia (INNI) berdiri sejak 25 tahun lalu , tepatnya tanggal 07 Desember 1990, memiliki anggota-anggota para nakhoda yang tersebar luas di seluruh wilayah NKRI termasuk Nakhoda kapal yang berlayar di perairan internasional.
Acara pengukuhan DPP INNI yang dihadiri oleh para pengurus terlantik, anggota, undangan dari Ikatan Nakhoda Niaga Indonesia dan organisasi-organisasi kemasyarakatan lain. Selain itu direncanakan hadirMenteri Kordinator, Menteri Kabinet Kerja, Gubernur DKI, Kapolri, Kapolda, Kasal dan pejabat pemerintahan Pusat dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.dDlanjutkan dengan sambutan dari Menteri Perhubungan, Menko Kemaritiman dan SDM , Menko Polhukam. dan dilanjutkan dengan peluncuran logo INNI dan website baru.
Acara ini menjadi momen yang sangat baik bagi para pengurus, mengingat sejak resmi manjalankan tugasnya, mereka belum pernah sekalipun bertemu muka secara langsung bersama-sama. Bahkan banyak diantaranya yang belum mengenal wajah satu sama lain. Hal ini dikarenakan kendala geografis, dimana pengurus tersebar di berbagai kota di Indonesia sehingga rapat-rapat hanya dilakukan via What's Up dan kadang-kadang berjumpa dengan jumlah terbatas.
Momen ini tidak disia-siakan oleh para pengurus dan anggota INNI untuk saling mengenal satu sama lain. Tak heran, acara inti yang berlangsung hanya sekitar 45 menit, dilanjutkan dengan ramah-tamah hingga hampir 2 jam.
Pada akhirnya semua pihak berharap agar INNI bisa mencapai tujuannya untuk membantu pemerintah dalam rangka mensuksekan Poros Maritim melalui  Tol Laut, serta berperan aktif meningkatkan keselamatan pelayaran di perairan wilayah NKRI, serta membantu mempersingkat waiting time dan dwelling time di pelabuhan-pelabuhan Indonesia melalui konsultasi, edukasi dan advokasi.(jitro kolondam/lasman simanjuntak)

Foto-foto : Jitro Kolondam/Lasman Simanjuntak/eMaritim.Com





eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini