» » » OPEC : Pasar Minyak akan Lebih BerimbangTahun Depan

Jakarta,eMaritim.Com,- OPEC yakin bahwa pasar minyak akan lebih berimbang pada tahun depan karena produksi negara-negara non-OPEC telah berkurang dan permintaan global meningkat.


“OPEC yakin bahwa ia akan melihat pasar yang lebih seimbang pada tahun 2016. Dalam beberapa bulan terakhir, telah terjadi penurunan produksi dari para produsen non-OPEC dan peningkatan permintaan global,” kata Sekretaris Jenderal kartel OPEC Abdullah el-Badri, akhir pekan lalu, di Kuwait City, seperti dikutip Antara.

Badri mengakui bahwa “pasar tetap kelebihan pasokan”, dan bersikeras bahwa stabilitas sangat penting untuk pasar minyak mentah yang menghadapi masa sangat menantang.

Sekjen OPEC mengatakan fundamental pasar tidak mendukung penurunan tajam harga minyak yang telah turun hampir 60 persen sejak Juni 2014. Badri mengingatkan, permintaan global untuk minyak diperkirakan akan meningkat menjadi 110 juta barel per hari pada 2040 dari 93 juta barel per hari sekarang.

 “Ini membutuhkan investasi 10 triliun dolar AS antara sekarang hingga saat itu,” katanya.

Sebelumnya Menteri Energi Qatar Mohammed bin Saleh al-Sada, yang penjabat presiden OPEC, mengatakan ada tanda-tanda kenaikan harga minyak pada tahun depan, menambahkan bahwa harga minyak telah “mencapai titik terendahnya”.

Dia mengatakan pertumbuhan PDB dunia pada 2016 diperkirakan menjadi 3,4 persen dibandingkan ekspektasi 3,1 persen pada 2015, dan bahwa ini akan mengakibatkan peningkatan permintaan minyak global sekitar 1,3 hingga 1,5 juta barel per hari.

Pertumbuhan pasokan dari produsen non-OPEC selama lima tahun terakhir telah berkurang secara substansial pada 2015.(suara karya/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini