» » » Agenda Tahunan Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional

Cilacap, eMaritim.ComPeringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari-12 Februari merupakan agenda tahunan yang diadakan di berbagai perkantoran dan instansi pemerintah di Indonesia, termasuk salah satunya di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).  

Puncak peringatan bulan K3 Nasional tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Intan dengan mengadakan upacara K3 dengan segenap karyawan dan sejumlah tamu undangan di halaman depan gedung Kantor Cabang Tanjung Intan, Cilacap, Rabu (10/2/2016).

Diikuti oleh seluruh karyawan Pelindo III, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kabupaten Cilacap,  perwakilan dari Lanal Cilacap, Polisi Air dan Laut (Polairut) Cilacap, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, Bea Cukai dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Cilacap.

 Upacara dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional tahun 2016 dengan tema “Tingkatkan Budaya K3 untuk Mendorong Produktivitas dan Daya Saing di Pasar Internasional” yang dimulai pukul 07.30 WIB di halaman depan gedung kantor berlangsung secara tertib dan khidmat.

Bertindak sebagai pembina upacara yaitu General Manajer Pelabuhan Tanjung Intan, Fariz Hariyoso yang  menyampaikan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, M. Hanif Dhakiri. 

“K3 merupakan salah satu aspek penting dalam ketenagakerjaan yang merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja, yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional," jelasnya.

Apabila K3 terlaksana dengan baik, lanjutnya, maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu akibat adanya kasus-kasus tersebut dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat dan tercipta produktivitas.

 Apabila produktivitas kerja dan usaha meningkat, maka akan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara nasional. Sesuai dengan tema yang diambil, dalam jangka panjang diharapkan masyarakat industry di Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki kemandirian dalam berbudaya K3.

 “Budaya K3 merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, oleh karena itu perlu dikembangkan oleh semua pihak secara terus menerus,” tuturnya.

Sebagaimana Undang-Undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, pelaksanaan kegiatan K3 tidak hanya ditujukan pada tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga bagaimana dapat mengendalikan risiko agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

 Serangkaian kegiatan bulan K3 Tahun 2015 di Pelindo Tanjung Intan yang telah dilaksanakan diantaranya pemasangan bendera dan spanduk bulan K3 di kawasan pelabuhan, kegiatan kerja bakti di ruang kantor, lomba foto bulan K3 Nasional tahun 2016, sosialisasi K3 dengan TKBM, upacara bulan K3 dan pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK).

Dia akhir acara juga diadakan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah lomba foto bulan K3 Nasional tahun 2016 serta pemberian hadiah apresiasi untuk pelopor K3 di lingkungan Pelabuhan Tanjung Intan dan dilanjutkan dengan penandatanganan kick off komitmen untuk selalu melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan Pelabuhan Tanjung Intan.(rhp/pelindo III/las) 

Sumber Foto: Pelindo III

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini