» » » Pelindo III Gresik Tingkatkan Budaya K3 Guna Produktivitas dan Daya Saing di Pasar International

Gresik, eMaritim.Com “Tingkatkan budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja-red) untuk mendorong produktivitas dan daya saing di pasar internasional”jadi tema dalam peringatan bulan K3 tahun 2016 yang dilaksanakan pada 12 Januari - 12 Februari 2016.

 Sebagai puncak peringatan bulan K3 dilaksanakan upacara di lapangan kantor PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik, Jumat (12/2/2016), dengan peserta upacara yang terdiri dari para karyawan dan port security  Pelabuhan Gresik, di mana seluruh peserta memakai Alat Pelindung Diri (APD).

“Peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga harus diikuti dengan pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja yang merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan, sehingga resiko kecelakaan yang terjadi dapat diminimalisir terutama bagi para pegawai yang bekerja di lapangan. Awal keselamatan dalam bekerja dimulai dari diri sendiri, dan kesadaran dalam menggunakan APD sudah merupakan hal yang diwajibkan," ujar  General Manajer Pelabuhan Gresik, Onny Djayus, yang  membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI.

Acara launching APD yang sesuai standar juga dilaksanakan dalam upacara tersebut yang diwakili oleh manager pelayanan terminal serta manager operasi dan komersial Pelabuhan Gresik. 

”Tidak ada kompromi lagi ataupun alasan yang lain kalau APD harus dipakai ketika akan ke lapangan, apalagi sudah ada APD baru,“ tambah Onny Djayus.

Selain itu, peringatan bulan K3 Pelabuhan Gresik melaksanakan serangkaian kegiatan seperti lomba voli tirai, jalan sehat, penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), juga donor darah dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran yang bekerja sama dengan pemadam kebakaran Kabupaten Gresik.

“Kita ingin para karyawan yang berada di Pelabuhan Gresik mendapatkan pengetahuan bagaimana memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang ada seperti fire blanket yang telah dibasahi air,’’ ucap Sapto Utomo selaku anggota pemadam bahaya kebakaran Pelabuhan Gresik.

Haris Budiarto Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelabuhan Gresik juga menuturkan, kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bulan K3. Selain untuk memberikan motivasi untuk selalu memperhatikan kesehatan diri sendiri juga memberikan pengetahuan yang lain seperti mengundang BNN agar kita paham tentang bahayanya narkoba.

 “Kita juga melakukan pencegahan demam berdarah dengan melaksanakan fogging di area kantor yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik,” ucapnya. (rhp/pelindo III/las)

(Sumber foto: Pelindo III)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini