Gencar Lakukan Pembenahan Kalimantan Utara, Menhub Resmikan KSOP Tarakan -->

Iklan Semua Halaman

Gencar Lakukan Pembenahan Kalimantan Utara, Menhub Resmikan KSOP Tarakan

Reporter eMaritim.Com
24 Maret 2016

Tarakan, eMaritim.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (23/3/2016), sekaligus mendampingi Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan Bandara International di lokasi yang sama.

Dalam peresmian KSOP dan Bandara International, Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Plt Dirjen Perhubungan Laut Umar Aris dan sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan dalam sambutannya mengatakan Kementerian Perhubungan senantiasa melakukan pembenahan, pengembangan sarana dan prasarana transportasi khususnya di Kalimantan Utara, "Pembenahan dan pengembangan sarana prasarana transportasi dilakukan di Kalimantan Utara, ini sesuai dengan Nawacita, membangun daerah pinggiran, terluar, terpencil, dan terdalam" kata Jonan.

Ia juga menambahkan bahwa sarana prasarana transportasi khususnya di daerah perbatasan harus ditata lebih baik. "Daerah perbatasan harus diperlakukan sebagai teras atau beranda depan sehingga harus ditata dengan cantik", lanjut Jonan.

Pada kesempatan tersebut Jonan meminta kepada Plt Dirjen Perhubungan Laut untuk menjadikan KSOP Kelas III Tarakan sebagai standar Kantor KSOP Kelas III di seluruh Indonesia.

Plt Dirjen Perhubungan Laut Umar Aris mengungkapkan tahun ini PNBP KSOP Kelas III Tarakan ditargetkan sebesar 38,4 miliar rupiah. "Saat ini telah terealisasi 5,2 miliar rupiah" kata Umar. Pada tahun 2015 realisasi PNBP KSOP Kelas III Tarakan mencapai 20 miliar rupiah.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan peresmian Kantor KSOP Kelas III Tarakan merupakan momentum penting bagi Kalimantan Utara. "Ini merupakan momentum penting bagi Kalimantan Utara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendorong pergerakan barang", ungkapnya.

Usai meresmikan Kantor KSOP Kelas III Tarakan Menhub akan meresmikan Bandara Internasional Juwata Tarakan bersama Presiden Joko Widodo. (dephub.go.id / Rhp)